MENINGKATKAN KETERBUKAAN SISWA MELALUI KONSELING INDIVIDU PERILAKU AITENDING (PTBK DI KELAS IX G SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 DARMARAJA TAHUN PELAJARAN 2021/2022)

Elis Idaningsih

Sari


Bimbingan dan Konseling di sekolah bertujuan untuk membantu siswa untuk mengenal pribadinya, mengenal lingkungannya dan merencanakan masa depannya. Siswa dibimbing dan diarahkan untuk menjalani tugas   perkembangan yang harus dilaluinya namun dalam kenyataannya seringkati siswa menemukan berbagai hambatan dan kesulitan. Oleh sebab itu dilakukan kegiatan penelitian ini dengan tujuan untuk membantu siswa dalam mengatasi permasalahannya sehingga siswa lebih percaya diri, lebih kompeten, lebih objektif dan bersikap positif melalui layanan konseling individu perilaku attending. Penelitian ini merupaka Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan panduan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan konseli pada siklus 1 diperoleh hasil 59,29% (predikat Kurang) dan pada akhir pelaksanaan (siklus 2) didapat hasil 71,43% (predikat Baik). Artinya hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan perubahan perilaku konseli dalam upaya meningkatkan keterbukaan dirinya melalui konseling individu perilaku attending.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiq, N. A. (2019). Upaya Guru BK Menumbuhkan Keterbukaan Diri Siswa dalam Layanan Konseling Individual Di SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi.

Harapan, E., & Ahmad, S. (2014). Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kusuma, O. D. (2015). Layanan Konseling Individual dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MAN Yogyakarta III. Skripsi, (Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi).

Luciana, T., Hadiwinarto., & Syahriman. (2019). Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kota Lubuklinggau. Onsilia Jurnal Ilmiah BK, 2 (2), 180-188.

Willis, S. S. (2014). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.9867

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.