PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELOMPOK USAHA BANDREK MELALUI PENAMBAHAN JAMBE SEBAGAI INOVASI DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK

Benny Prawiranegara, Eva Faridah

Abstract


Permasalahan utama mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut: 1) Masyarakat kurang mengenal produk bandrek jambe; 2) Minuman bandrek jambe tidak memiliki pasar yang luas; 3) Minuman bandrek jambe tidak memiliki strategi yang mampu memperluas pasar; 4) Minuman bandrek jambe tidak memiliki sisi inovasi yang mampu meningkatkan nilai jual produk. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangkan produk Bandrek Jambe dengan sebuah inovasi baru untuk dapat meningkatkan nilai jual prduk tersebut. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kelompok Bandrek Jambe yang melaksanakan kegiatan di dekat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis. Pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dilakukan dalam beberapa tahap sebagai berikut: 1) Tahap Inovasi Produk; 2) Tahap Pembuatan Label Produk; 3) Tahap Perhitungan Harga Pokok Penjualan; 4) Tahap Pembuatan dan Implementasi Startegi Pemasaran Produk; 5) Tahap Evaluasi; 6) Tahap Tindak Lanjut.


Keywords


pemberdayaan masyarakat, inovasi

Full Text:

PDF

References


Sari, A. Y., Sasongko, & Wahyuni, S. (2013). Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Pia Warung Glenmore Banywangi. Fisip: Universitas Jember, 6.

Fontana, A. (2011). Inovate We Can. Jakarta: PT. Gramedia.

Prawoto, E., Susilawati, H., & Faqih, N. (2018). Strategi Inovasi Produk Olahan dan Manajemen Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Jual Lele (UKM Peternak Lele di Desa Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo). PPKM I, 123–127.

Putra, M. C. S. D., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1674–1700.

Ellitan, L & Anatan, L. (2009). Manajemen Inovasi. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behavior Tenth Edition. Pearson Education.

Kotler, P & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Erlangga: Jakarta.

David, F.R (2011). Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.

Prakosa,B. 2005. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris Pada Industri Manufaktur di Semarang), Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, Vol.2, No.1.

Prasetya,D.I. 2002. Lingkungan Eksternal, Faktor Internal, dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, ISSN 1412-8527, Vol.1, No.3.

Saiman,L. 2014. Kewirausahaan (Teori, Praktik, dan Kasus-kasus), edisi kedua. Salemba Empat, Jakarta.

Sismanto,A. 2006. Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Tesis Undip. Semarang.

Stanton,W.J. 2000. Prinsip Pemasaran, edisi ketujuh, Erlangga, Jakarta.

Supranoto, M. 2009. Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. E-journal Undip.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v1i1.2881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@unigal.ac.id, abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: