PENGARUH KOMPETENSI, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU (Studi pada SMK Negeri di Kota Tasikmalaya)

Aan Subhan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis dengan pendekatan kuantitatif.  Teknik random sampling digunakan untuk memperoleh sampel sebanyak 80 orang guru di tiga SMK Negeri se-Kota Tasikmalaya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1) kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yaitu sebesar 51,5 %, artinya bahwa kompetensi mempunyai kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru, 2) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yaitu sebesar  65,8 %, artinya bahwa kepuasan kerja mempunyai kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru, 3) komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yaitu sebesar 65,1 %, artinya bahwa komitmen organisasi mempunyai kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru, 4) kompetensi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yaitu sebesar  67,1 %, artinya bahwa kompetensi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi mempunyai kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru, 5) Faktor lain yang turut mempengaruhi antara lain suasana sekolah yang kondusif, budaya kerja yang baik, semangat kerja dan lingkungan kerja. Saran kepada guru, yaitu diharapkan mampu mengimplementasikan kurikulum nasional yang telah ditetapkan sebaik baiknya. Kata kunci: kompetensi, kepuasan kerja, komitmen organisasi, kinerja guru

Full Text:

Download

References


Abdurahman, Maman dan Sambas Ali Muhidin. 2011. Panduan Praktis Memahami. Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Danim, Sudarman 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Penerbit Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Dessler, Gary, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alih Bahasa Paramita Rahayu. Jakarta: Indeks.

Gibson, Ivanicevich, And Donelly, 2006. Organization. 10th Edition. USA. Irwin McGraw-Hill Companies. Inc.

Luthans, Fred. 2006. Organizational Behavior, 7th edition. New York: Mc. Graw Hill Book Company.

Marsana (2011) berjudul Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada SMA Negeri se Sub Rayon Semarang). www.dgilib.com

Marwansyah. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Penerbit. Ghalia Indonesia.

Mathis, Robert. L & Jackson John. H, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.

Meyer. J. P & Allen, N. J., 2006, Commitment in The Workplace Theory Research and Application, Alih Bahasa Agus Dharma. California : Sage Publications.

Moleong, Lexy J. 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Offset.

Muhlisin. 2008. Profesionalisme Kinerja Guru Menyongsong Masa Depan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pidarta. M. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Robins, Stephen P., Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi – Organizational Behavior. Alih Bahasa Ernawati Sule. Buku 1. Jakarta : Selemba Empat.

Rosidah dan Ambar Teguh Sulistiyani, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia,. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rusminingsih dan Euis Soliha (2014) Pengaruh Kompetensi Guru Dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Dengan Mediasi Komitmen Organisasional (Studi pada Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Pati). www.dgilib.com

Sagala Saiful, 2007, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfa Beta.

Samsudin, Sadili. 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke-1. Bandung : Pustaka Setia.

Shodiqin (2010) Pengaruh Kompetensi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru Yang Dimoderasi Oleh Iklim Rganisasi Pada Mi Sekecamatan Winong Kabupaten Pati (Studi Kasus pada Guru-Guru MI Sekecamatan Winong Kabupaten Pati). www.dgilib.comSopiah. 2010. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Suhasaputra, 2013. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sulistyarini. 2008. Memahami Konsep Kinerja Guru. http://blog.tp.ac.id/ memahami-konsep-kinerja-guru.

Syah, Muhibbin, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Yamin, Martinis, dan Maisah, 2010. Standarisasi Kinerja Guru, Cetakan Ke-1, Jakarta: Gaung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v5i1.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :