STUDI TENTANG PROGRAM SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Kasus di SMPN 1 dan SMPN 7 Banjar)

HENY DWI MEIRAWATI

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru ditinjau dari aspek kompetensi pedagogik. 2) Program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian. 3) Program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru ditinjau dari aspek kompetensi sosial. 4) Program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru ditinjau dari aspek kompetensi profesional. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif. Informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, pengawas, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru ditinjau dari aspek kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 7 Banjar pada umumnya berada pada kriteria baik, hal ini ditunjukkan guru dari aspek menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran. 2) Program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru ditinjau dari aspek kompetensi sosial guru di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 7 Banjar pada umumnya berada pada kriteria baik, hal ini ditunjukkan guru dari aspek berkomunikasi secara efektif dan santun. 3) Program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian guru di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 7 Banjar pada umumnya berada pada kriteria baik, hal ini ditunjukkan guru dari aspek menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik serta masyarakat. 4) Program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalitas guru ditinjau dari aspek kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 7 Banjar pada umumnya berada pada kriteria baik, hal ini ditunjukkan guru dari aspek menguasau materi, struktur, dan konsep keilmuan mata pelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Kata kunci: Sertifikasi Guru, Profesionalitas Guru

Full Text:

Download

References


Assegaf, Abdurahman, 2007, Analisis Sertifikasi Guru di Madrasah. Tersedia: On line pada http://www.eramuslim.com. Diakses pada tanggal 28 januari 2016.

Creswell, Jhon.W, 2007, Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approasches (3nd ed.). Thousand Oaks Calipornia: Sange

Danim, S, 2002, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV. Pustaka setia.

Davis, Keith, & Newstorm, W., John. 1989. Human Behaviour At Work: Organizational Behaviour. New York: Mc Graw Hill International.

Depdiknas, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas, 2006,Standar Kompetensi: Panduan KTSP. Tersedia: http://www.depdiknas.go.id/publikasi tanggal 27 april 2006. Diakses pada tanggal 18 Maret 2016.

Dirjen DIKTI, Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Pedoman Penyelenggaraan Program sertifikasi Guru dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan. Jakarta.

Dirjen PMPTK, 2008, Penilaian Kinerja Guru, Jakarta: Depdikanas

Fidmawan Hadiastika Dedi, 2013, Perbandingan Kinerja Guru Yang Sudah Lulus Sertifikasi Dengan Yang Belum Disertifikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP. tersedia pada http://www.google.co.id// (akses tanggal 18 Pebruari 2016)

Hyland, 1990,Philosophy of Sport. Edisi ke-1. USA: Paragon House.

Kusnadi, 2011, Kontribusi Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru, tersedia pada http://www.google.co.id// (akses tanggal 18 Pebruari 2016)

Miles, Mathew. B dan Huberman, A. Michael, 1997, Qualitative Data Analysis. Beverly Hills: Sage Publications.

Moleong, Lexy, J., 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Mulyasa, 2000,Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

____, 2007,Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16/2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Permendiknas No. 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan

PMPTK, 2007, Sertifikasi Guru, tersedia pada www.pmptk.net (akses tanggal 15 Pebruari 2016)

Sardiman, A.M, 2000, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah, 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. II, Bandung: Alfabeta.

Siedentop, D. & Tannehill D, 2000, Developing Teaching Skill in Physical Education.

Sudarwan Danim, 2002, Inovasi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia

Sudjana dan Ibrahim, 2001,Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana dkk, 1988, Standar Mutu Pengawas Jakarta Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Dedi, 1998., Teori Hierarki Kebutuhan maslow; tersedia: http// organisasi.org/teorihierarki Maslaw. (akses tanggal 2 Februari 2014)

Sutisna, Oteng, 1993, Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Bandung, Angkasa.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah B, 2008, Profesi Kependidikan-Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Bandung: Bumi Aksara

Uzer Usman, 2001, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v5i1.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :