IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH (Studi di SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya)

N. EVA LUCIA

Abstract


Penelitian ini akan mengangkat permasahan dimana manjemen mutu ISO 9001:2008 dalam meningkatkan prestasi sekolah. Output sekolah adalah prestasi sekolah yang dihasilkan oleh proses pembelajaran berupa prestasi akademik (academic achievement) dan prestasi non akademik (non-academic achievement). Tujuan dari penelitan ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dalam meningkatkan prestasi sekolah di SMK.2) hambatan dalam implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dalam meningkatkan prestasi sekolah di SMK.3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dalam meningkatkan prestasi sekolah di SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.

 

Kata kunci: Implementasi, Mutu, Prestasi

Full Text:

Download

References


Gaspersz, Vincent. (2009). Total Quality Management (TQM) untuk praktisi Industri dan Bisnis. Jakarta:Gramedia Graha Utama

Nasution, M.N . (2010). Manajemen Mutu Terpadu / Total Quality Management, Bogor: Ghalia Indonesia

Suharsaputra, Uhar. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama

Tim Penyusun, (2009). Panduan Teknis Penerapan Sistem Manajemen Mutu Strategis Pendidikan Sesuai Standar ISO 9001:2008. Jakarta: Ditjend Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------