IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Deskriptif Analitik Kualitatif pada SMP Negeri Komisariat Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap)

ANDREAS BENYAMIN SETYAWAN

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karenaImplementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari aspek perencanaan. Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari aspek pelaksanaan. Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari aspek penilaiajndan tindak lanjut di Komisariat Kecamatan Sidareja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari aspek perencanaan. Mendeskripsikan implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari aspek pelaksanaan. Mendeskripsikan implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari aspek penilaiajndan tindak lanjut. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari aspek perencanaan di Komisariat Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap, telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Dimana perencanaan disusun untuk melaksanakan kurikulum, disusun dengan persiapan yang matang, direncanakan terhadap pelaksanaan dan penilaian pembelajaran oleh guru, direncanakan untuk menilai standar kompetensi lulusan, direncanakan untuk menilai standar proses, direncanakan untuk menilai pelaksanaan dari aturan yang ada, dan direncanakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari aspek pelaksanaan, telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Supervisi dilakukan dengan Pertemuan Awal, melakukan pengamatan pembelajaran sesuai dengan aspek yang telah disepakati, melakukan pengamatan dengan menggunakan instrumen observasi, melakukan pengamatan dengan mencatat menggunakan instrumen pelajaran, membuat catatan observasi tentang perilaku guru dan peserta didik dan pelaksanaan supervisi tidak mengganggu proses pembelajaran. Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari aspek penilaian dan tindak lanjut, telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

 

Kata kunci: Implementasi Supervisi Akademik, Mutu Pembelajaran


Full Text:

Download

References


Agustino, Leo. 2012. Dasar-Dasar Kebijkan Publik. Bandung: Alfabeta

Alwasilah, Chaedar. 2003. Pokok Kualitatif, Dasar-dasar Merancang

dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka jaya

Amirin.2000. Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru Sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran. Jakarta : Uhamka Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2007. Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Dewantoro, Ki Hajar. 1962. Bagian Pertama: Pendidikan. Jogjakarta: Taman Siswa.

Edward Sallis. 2006. Total Quality Management In Education (alih Bahasa Ahmad Ali Riyadi). Jogjakarta: IRCiSoD

Eti Rochaety, dkk. 2005. Sistem Informamsi Manajemen Pendidikan. Jakarta: bumi Aksara

Indra Djati Sidi.2003. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Logos

Irawan. 2006 Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ismaun. 2007. Filsafat Administrasi Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991. Kamus. Jakarta: Depdiknas

Kemendiknas. 2010. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan Nasional.

Lalu Sumayang.2003. Manajemen produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat

Manullang. 2005. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bina Aksara.

Moleong. Lexy. J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosda karya.

Priansa, Dinni Juni dan Somad, Rismi, 2014. Manajemen Supervisi dan kepemimpinan Kepala sekolah. Bandung: Alphabeta

Purwanto, Ngalim. 2000. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial, Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kloang klede Putra Timur

Sagala, Saeful. 2003. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta CV

Sagala, Syaiful. 2005. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Educations. Yogyakarta: IRCisSod Yogyakarta.

------. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat. Bandaung: alfabeta

Satori dan Komariah. 2009. Metode Penelitian Kualitatif.

Sergiovanni, 2001. Educational Governance and Administration. New York: PrenticeHall Inc.

Sudarwan Danim. 2007. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Suhardan, 2007. Administrasi Kantor Sekolah, Jurusan Adpen FIP IKIP Bandung.

Sumayang, 2003. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat

Suyadi Prawirosentono. 2007. Filosofi Baru tentang Manajemen Mutu terpadu abad 21. Jakarta: Bumi Aksara

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Wirartha, 2005. Principles and Practice of Teaching in the Secondary School. American Book Company inc., New York.

Zamroni. 2007. Meningkatkan Mutu Sekolah. Jakarta: PSAP Muhamadiyah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------