IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMK NEGERI KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP

PUJI LESTARI

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu masih adanya anggapan masyarakat tentang kurang maksimalnya mutu layanan pendidikan. Karena itu diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan. Penerapan Sistem Informasi Managemen berbasis IT diharapkan dapat membantu meningkatkan mutu layanan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi sistem informasi manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu layanan Pendidikan; untuk mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam implementasi sistem informasi manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam implementasi sistem informasi manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, kepala TU, operator, peserta didik, orang tua dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa sistem informasi sekolah yang digunakan dilihat dari aspek input, proses dan output dapat menunjang implementasi sistem informasi manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Baik dalam kemampuan SDM, sarana dan prasarana, maupun dana. Sementara itu pengetahuan SDM, tujuan dan prioritas SDM, ketersediaan peserta didik, dukungan manajemen sekolah, keberadaan struktur dan jadwal, pelaksanaan isi dan kemampuan pendidik, semuanya dilakukan untuk pengelolaan data guru, data peserta didik, data sarpras, data pembayaran biaya pendidikan peserta didik, sitem kehadiran.Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen sistem informasi sekolah adalah: perangkat keras yang perlu ditingkatkan kapasitasnya dan mengikuti perkembangan jaman serta harus selalu di upgrade setiap tahun sehingga membutuhkan biaya khusus; kurangnya tenaga admin yang profesional dibidang TIK dalam hal ini admin Sistem Informasi Akademik masih menggunakan tenaga honorer; belum meratanya kemampuan SDM tenaga pendidik dan kependidikan dalam penguasaan sistem informasi manajemen sekolah. Upaya yang dilakukan oleh sekolah antara lain mencari tenaga PNS yang bependidikan Sarjana Komputer supaya tidak memberatkan sekolah dalam pemberian honor, mengadakan secara rutin bintek khusus untuk sumber daya manusia (SDM) melalui aktivitas pelatihan, pengalaman bekerja, dan kemampuan manajerial sehingga para pendidik dan tenaga kependidikan benar-benar memiliki tanggung jawab terhadap pengoperasian teknologi informasi.

 

Kata kunci: Sistem Informasi Manajemen Sekolah


Full Text:

Download

References


Ali, Muhammad.1992. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Amirin, 2000.Reformasi Administrasi dalam Pendidikan, Beberapa Pelajaran tentang Implementasi Kebijakan. Malang: Universitas Brawijaya.

Amtembun. 1980. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Amsyah, 2003.Pendidikan Kecakapan Hidup. Dalam Handbook Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Atmosudirdjo, Prajudi. Teori Organisasi, Jakarta: STIA-LAN Press.

Bagus, 2002. Sistem Informasi Manajemen Edisi Kesepuluh. (Terjemahan Bob Widyohartono) Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Balitbang, Dikbud. 1993. Penilaian Kinerja. Jakarta: Depdikbud.

Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2009. Pengantar Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.

Gie, The Liang. 1978. Pengertian, Kedudukan dan Perincian Ilmu Administrasi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Karya Kencana

Handayaningrat, Soewamo, 1983. Pengantar Studi Umum Administrasi dan Manajemen, Jakarta, gunung Agung.

Hasibuan, 2006. Sistem Informasi Manajemen untuk Pengambilan Keputusan. Bandung: Remadja Karya.

Hisbanarto, Vico. Yakub. 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha ilmu.

Irawan. 2006. Evaluasi Kinerja. Erlangga: Jakarta.

Jogiyanto, 1999. Keniscayaan Inovasi Pendidikan dalam Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Makalah Seminar Pendidikan, 28 April 2005 di Jakarta.

Kroenkeand Hatch. 1994. Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Gunur Agung.

Mirfani. 1992. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2, Cetakan kelibelas, Yogyakarta, BPFE.

Moekijat. 1991. Pengantar Sistem Informasi Manajemen, Bandung, Remaja Rosda


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------