PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAPAT MENINGKATKAN KENERJA GURU DAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN

SETIADI MURBUDI ARTA

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang berbasis kelas, menawarkan pendekatan dan prosedur baru yang lebih menjanjikan dampak langsung dalam bentuk perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru dalam mengelola proses belajar mengajar di kelas. Penelitian tindakan kelas ini berlokasi di SMK Negeri 1 Tasikmalaya Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 4 tahun pelajaran 2013/2014. Adapun jumlah siswa sebagai subjek penelitian adalah 40 siswa yang terdiri dari 4 siswa putra dan 36 siswa putrid. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian terhadap siswa kelas X AK 4 SMK Negeri 1 Tasikmalaya tahun pelajaran 2013/2014 pelajaran kewirausahaan. Materi sikap dan perilaku yang mendukung keberhasilan Wirausaha melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kenerja guru dalam pembelajaran. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kinerja guru pada siklus I sebesar 61,67%, siklus II sebesar 83,33% dan siklus III sebesar 95%. 2) Keaktifan siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD melatih siswa berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan melatih siswa bekerja dalam tim. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 83,57%, siklus II sebesar 91,56% dan siklus III sebesar 98,15%. 3) Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini terlihat pada siklus I terdapat paningkatan sebesar 5,5%, siklus II sebesar 12,62% dan siklus III sebesar 14,87%, dengan indikator ketercapaian prestasi belajar melebihi dari yang ditetapkan yaitu 90% dari keseluruhan siswa dengan mendapat nilai minimal 7,5.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar, Student Team Achievement Division (STAD), dan Kewirausahaan


Full Text:

Download

References


Arifin, Zaenal. 1991. ”Evaluasi Interaksional : Prinsip, Teknik, Prosedur”. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. ”Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

---------. 2002. “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

----------. 2006. ”Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. ”Psikologi Belajar”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

GBHN. 2000. Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Depdikbud

Hamalik, O. 1993. Metode Belajar Dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hasibuan, J.J. dan Mudjiono. 2000. ”Proses Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2002. ”Pembelajaran Kooperatif”. Surabaya : University Press.

Lie, Anita. 2002. ”Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas”. Jakarta : PT. Gramedia.

Nasution, S. 2002. ”Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Bumi Aksara.

Nurhadi. 2004. ”Kurikulum 2004 : Pertanyaan dan Jawaban”. Jakarta : PT. Grasindo.

Poerwadarminta. 1995. ”Kamus Umum Bahasa Indonesia”. Jakarta : Balai Pustaka.

Roetsiyah, . 1988. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 2004. ”Inetaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjarwo, H. 2001. “ Metodologi Penelitian Sosial”. Bandung : Mandar Maju.

Supardi. 2006. ”Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : Bumi Akasara.

Sudikin, dkk. 2002. ”Manajemen Penrlitian Tindakan Kelas”. Insan Cendekia.

St. Sunarto. 2005. ”Bagaimana Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)”. Regional Education Development and Improvement Program (REDIP) : JICA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------