PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI SE-KOTA TASIKMALAYA

Endah Listyasari

Abstract


Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pada umumnya prestasi belajar siswa di SMA se-Kota Tasikmalaya masih kurang optimal hal ini diduga disebabkan oleh kepemimpinan kepala sekolah yang kurang menunjang kinerja guru sehingga berdampak pada menurunnya prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis : 1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa ; 2) Pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa ; 3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive analytic dan verivicatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Penjas dan siswa SMA Negeri yang ada di Kota Tasikmalaya. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjas dan siwsa SMA Negeri di Kota Tasikmalaya berjumlah 753 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah penulis lakukan maka penulis
menyimpulkan sebagai berikut: 1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi siswa artinya semakin baik kepala sekolah dalam melaksanakan kepemimpinannya maka
prestasi siswa tersebut akan meningkat. 2) Kinerja guru berengaruh positif terhadap prestasi siswa. Artinya semakin kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya maka akan semakin meningkat prestasi
siswa. 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru berpengaruh positif terhadap prestasi siswa, artinya bahwa prestasi siswa banyak dipengaruhi oleh kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya serta dipengaruhi oleh kemampuan kinerja guru.

Kata kunci : kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, prestasi belajar siswa


Full Text:

Download

References


Mangkunegara, AAP. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ruky. AS. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.Ahmadi, 1995. Psikologi Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Ana, A, Bagus, I. 1994. Inovasi Wawasan dan Profesionalisme Guru Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Era

Pembangunan Jangka Panjang Ke Dua, Jember: Unej.

Supriadi, D. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Ivancevich, G. dan Donnelly, 1997. Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses, Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Permadi,D.2001. Kepemimpinan Mandiri (Profesional) Kepala Sekolah. PT.Sarana Panca Karya. Bandung.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Press

Randall S. dan Jackson, SE. 2001. Manajemen Sumber Daya Menghadapi Abad Ke-21, Edisi Keenam, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Sedarmayanti. 2000. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung, Indonesia: PT. Mandar Maju.

Siagian, SP. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit PT.Bumi Aksara, Jakarta. Hlm : 36


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------