PENGARUH SERTIFIKASI DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA (Studi Kasus Pada MI di Wilayah Tasikmalaya Selatan)

Hajan Adipandi

Abstract


Berdasarkan observasi di lapangan tentang pengaruh sertifikasi dan motivasi kerja guru terhadap kualitas pembelajaran guru pada MI Diwilayah Tasikmalaya Selatan masih perlu ditingkatkan, hal tersebut di duga faktor-faktor penyebabnya yaitu sebagai berikut: 1) Kepribadian dan dedikasi guru masih perlu ditingkatkan 2) Pengembangan profesi guru masih perlu ditingkatkan, 3) Kemampuan mengajar guru masih perlu dikembangkan, 4) Antar hubungan dan komunikasi guru perlu diharmoniskan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh pengaruh sertifikasi dan
motivasi kerja terhadap kualitas pembelajaran siswa MI Wilayah Tasikmalaya Selatan, dapat di simpulkan sebagai berikut: 1) Sertifikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran siswa. Sertifikasi guru meliputi; melindungi profesi guru, profesionalitas guru, kualitas penyelenggara pendidikan dan kualitas lulusan perguruan tinggi. 2) Motivasi kerja berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran siswa. Motivasi guru meliputi; minat, rangsangan, kebutuhan dan sikap positif. 3) Sertifikasi dan motivasi kerja berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kualitas pembelajaran siswa. Kualitas pembelajaran meliputi; perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung/pengalaman, perbedaan individual, tantangan balikan dan
penguatan dan pengulangan.

Kata kunci : Sertifikasi, Motivasi Kerja, Kualitas Pembelajaran


Full Text:

Download

References


Akadum. 1999. Potret Guru Memasuki Milenium Ketiga. Suara Pembaharuan. (Online) (http://www.Suara

Pembaharuan.com/News/1999/01/220199/OpEd, diakses 7 Juni 2001).

Alwi, Hasan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Arifin, H.M, 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Bumi Aksara, Jakarta.

Djamarah, S.B. 1994. Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. UsahaNasional.

Donovan, J.J. 2001. Work motivation. In N.

Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Joni, T.R., (1981), Penilaian Program Pendidikan, Jakarta: Proyek

Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) Departemen

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 057/O/2007 tentang Penetapan Perguruan Tinggi

Penyelenggara Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan.

Maslow, A.H. 1970. Motivation and Personaluty. New York: Harper and Row.

Muslich, Mansur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Pantiwati, 2001. Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Program Sertifikasi Guru Bidang Studi (untuk Guru

MI dan MTs). Makalah Dipresentasikan. Malang: PSSJ PPS Universitas Malang. Hlm.1-12.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam

Jabatan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Ridwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, CV. Alfabeta, Bandung.

Sardiman, A.M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sholeh, Asrorun Ni‟am. 2006. Membangun Profesionalitas Guru Analisis Kronologis atas Lahirnya Undang-Undang Guru dan Dosen. eLSAS, Jakarta.

Sondang. P. Siagian, 2003. Teori Motivasi dan Aplikasinya.Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suparno, A. Suhaenah. 2009. Membangun Kompetensi Belajar. Dirjen Dikti –Depdiknas. Jakarta.

Surakhmad. Winarno. 1989. Pengantar Penelitian-Penelitian (Dasar Metode Teknik). Bandang:Tarsito.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, Mohamad U. 2001. Menjadi Guru Profesional, Bandung:Remaja Rosda Karya.

Wahjo Sumijo. 2002. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------