PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN KINERJA KOMITE SEKOLAH TERHADAP PRESTASI SEKOLAH PADA SMA DI KOTA BANJAR

Haris Heryanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: Kinerja komite sekolah masih perlu ditingkatkan. Hal ini tampak hasil kerja yang dilakukan oleh komite sekolah baru bersifat penonton; Adanya kebiasaan untuk tidak memperhatikan strategi sekolah, sehingga proses pelaksanaan kinerja sekolah tampak monoton. Akibatnya prestasi sekolah tidak mengalami kenaikan bahkan cenderung menurun; Adanya kompetensi guru yang turun temurun, sehingga memberikan dampak negatif terhadap pengembangan sekolah; Dalam penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, peran serta dan tanggung jawab masyarakat, mutlak diperlukan; Komite Sekolah menjadi salah satu wadah masyarakat yang secara yuridis formal sengaja dibentuk agar berperan dan berfungsi sebagai perencana, pengontrol, dan pengendali mutu pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan prasekolah, jalur pendidikan sekolah, maupun jalur pendidikan sekolah; Anggota-anggota Komite Sekolah terdiri atas kepala sekolah dan dewan guru, orang tua siswa, dan masyarakat; Komite Sekolah merupakan badan yang bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan satuan pendidikan maupun lembaga pemerintah lainnya; Sejauh ini Komite Sekolah di beberapa satuan pendidikan pada di Kota Banjar, belum bertindak sesuai peran dan fungsinya, sehingga mutu yang diharapkan oleh masing-masing sekolah tidak mengalami peningkatan yang berarti. Untuk itu diperlukan rencana strategis bagi kinerja Komite Sekolah; Masih banyak anggota Komite Sekolah yang tidak mengetahui tugas pokok dan fungsinya, sehingga langkah kerjanya tidak terorganisir. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pengaruh kompetensi guru terhadap Prestasi sekolah ?; (2) Bagaimana pengaruh kinerja komite sekolah terhadap Prestasi sekolah ?; (3) Bagaimana pengaruh kinerja komite sekolah dan kompetensi guru terhadap Prestasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Simpulan hasil penelitian: (1) Bagaimana pengaruh kompetensi guru terhadap Prestasi sekolah ?; (2) Bagaimana pengaruh kinerja komite sekolah terhadap Prestasi sekolah ?; (3) Bagaimana pengaruh kinerja komite sekolah dan kompetensi guru terhadap Prestasi sekolah.Kata kunci : Kompetensi Guru, Kinerja Komite Sekolah, Prestasi Belajar.

Full Text:

Download

References


Amstrong dan Baron, 1998, Manajemen

Sumber Daya Manusia Seri Pedoman

Manajemen, (Alih Bahasa : Sofyan dan

Haryanto), Jakarta: Elex Media

Komputindo Kelompok Gramedia.

Beck, Robert.C.1990. Motivation: Theories and

Principles. Englewoods Cliffs. New

Jersey: Prentice Hall.

Gagne. 1985. Essensials of Learning for

Instruction. Illinois: The Dryden Press.

Hadiyanto. 2004. Inovasi Pendidikan. Jakarta:

Gramedia

Hasbullah. 2007. Otonomi Pendidikan:

Kebijakan Otonomi Daerah dan

Implikasinya terhadap Penyelenggaraan

Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada

Hasibuan, Malayu S.P. 1997. Manajemen

Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Toko

Gunung Agung.

___________________. 2001. Manajemen

Sumber Daya Manusia, Cetakan IV,

Jakarta : Bumi Aksara.

Makmun, Abin Syamsudin. 1999. Psikologi

Kependidikan (Perangkat Sistem

Pengajaran Modul. Bandung : PT Remaja

Rosda Karya.

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah

(Konsep, Strategi dan Implementasi).

Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian. Bandung :

Rosda Karya.

Suyanto dan Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan

Reformasi Pendidikan Indonesia

Memasuki Millenium III. Yogyakarta : Adi

Cita.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i1.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :