PENGARUH KINERJA DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS KELOMPOK KERJA GURU (Studi pada SD di UPTD Pendidikan Kecamatan Cikatomas)

Heri Purwana

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah: 1) Kelompok Kerja Guru (KKG) diketahui memiliki sejumlah rencana untuk meningkatkan kinerja guru, akan tetapi dalam implementasinya tidak lepas dari masalah, terutama berkaitan dengan komitmen guru dan proses pengelolaan yang kurang profesional; 2) Mayoritas guru hadir dalam setiap pelaksanaan KKG. Mesti begitu ada di antaranya yang hadir setelah pelaksanaan KKG berlangsung; dan 3) Peserta KKG terlihat kurang aktif, terutama apabila diminta sumbangan pemikiran yang inovatif terkait dengan hasil teknologi pendidikan dan apalagi manakala diminta menyertakan hasil ujicobanya untuk dijadikan tolak ukur bagi yang lain. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh kinerja guru terhadap produktivitas kelompok kerja guru?; 2) Apakah ada pengaruh kreativitas guru terhadap produktivitas kelompok kerja guru?; dan 3) Apakah ada pengaruh kinerja dan kreativitas guru terhadap produktivitas kelompok kerja guru?. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, teknik analisis data korelasi Pearson Product Moment. Sedangkan objek dalam penelitian adalah guru Penjas pada SD di UPTD Pendidikan Kecamatan Cikatomas sejumlah 32 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja guru berpengaruh positif terhadap produktivitas kelompok kerja guru. Artinya semakin baik kinerja guru, maka semakin baik pula produktivitas kelompok kerja guru; 2) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap produktivitas kelompok kerja guru. Artinya semakin baik kreativitas guru, maka semakin baik pula produktivitas kelompok kerja guru; dan 3) Kinerja dan kreativitas guru berpengaruh positif terhadap produktivitas kelompok kerja guru. Artinya semakin baik kinerja guru dan kreativitas guru, maka semakin baik pula produktivitas kelompok kerja guru.Kata kunci : Kinerja, Kreativitas Guru, Kelompok Kerja Guru.

Full Text:

Untitled Download

References


Alwasilah, Chaedar. 2003. Pokok Kualitatif,

Dasar-dasar Merancang dan Melakukan

Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian:

Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka

Cipta.

As’ad, Moh.. 1995. Psikologi Industri. Liberty :

Yogyakarta.

Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan

dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme

Tenaga Kependidikan. Bandung : Pustaka

Setia.

-----------------------. 2006. Visi Baru

Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke

Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi

Aksara.

Daryanto. 2001. Kinerja Kepegawaian. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2007. Manajemen Berbasis

Sekolah. Jakarta: Dirjen Manajemen

Dikdasmen Direktorat Pembinaan

Pendidikan Sekolah Menengah Pertama.

Fatah, Nanang. 1996. Landasan Manajemen

Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

John M. Echols dan Hassan Shadily. 2000.

Dimensions of Organizational Structure :

A Critical Replication. Academy of

Management Journal, Sept.

Mulyasa, E. 2003. Guru Profesional. Bandung:

Rosdakarya.

Pidarta. 1999. Masalah Pendidikan Ilmu

Administrasi Pada Perguruan-Perguruan

Tinggi. Lembaga Administrasi negara,

Jakarta: Gramedia.

Purnomo, Hari. 2009. Manajemen Strategi,

Sebuah Konsep Pengatar. Jakarta: FE UI.

Robbins P., Stephen. 1996. Perilaku Organisasi,

Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jakarta: PT

Prenhallindo.

Selo Sumardjan. 1983. Produktivitas Kerja.

Jogjakarta : Graha Ilmu.

Snyder dan Anderson. 1986. Cognitive

Psychology and Its Implication. 3rd.

Edition. New York: W.H. Freeman and

Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i1.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :