MENINGKATKAN POTENSI KECERDASAN ANAK MELALUI PENDEKATAN TEORI MULTIPLE INTELLIGENCE

Linda Kholidatunnur

Abstract


Beragam kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu merupakan anugerah yang Alloh SWT
berikan kepada setiap hambaNya. Berawal dari dunia psikologi, kini Teori Multiple Intelligence
(kecerdasan majemuk) mulai merambah ke dunia pendidikan. Teori ini pertama kali dicetuskan oleh
Dr. Howard Gardner pada tahun 1983 di Harvard University. Howard Gardner membagi kecerdasan
tersebut menjadi 8 kecerdasan, yaitu : 1) Cerdas Alam (Naturalis), 2) Cerdas Diri (Intrapersonal), 3)
Cerdas Sosial (Interpersonal), 4) Cerdas Angka (Matematis Logis), 5) Cerdas Gambar (Spasial), 6)
Cerdas Gerak (Kinestetik), 7) Cerdas Bahasa (Linguistik), dan 8) Cerdas Musik (Music).
Keberagaman kecerdasan tersebut dikenal dengan istilah Multiple Intelligence. Kenyataan yang ada
saat ini, seseorang dikategorikan pintar atau cerdas apabila memiliki nilai IQ tinggi atau di atas rata-
rata. Padahal setiap individu yang terlahir ke dunia ini dibekali kecerdasan masing-masing oleh
AllohSWT.Tulisan ini memaparkan tentang sebuah strategi pendekatan pembelajaran yang
berdasarkan teori Multiple Intelligence sehingga anak-anak diharapkan mampu meningkatkan
potensinyamelalui proses pembelajaran.
Kata kunci : potensi kecerdasan, pendekatan, multiple intelligence.


Full Text:

Download

References


Amstrong, Thomas. 2004.Sekolah Para Juara,

Bandung: Kaifa.

Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia.

Bandung: Kaifa.

Chatib, Munif. 2011. Sekolahnya Manusia.

Bandung: Kaifa.

Djamarah, Syaiful bahri & Zain, Aswan.

Strategi belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka.

Jasmine, Julia. 2007.Mengajar Dengan Metode

Kecerdasan Majemuk. Bandung: Nuansa.

QS Al Isra’ : 70

Shaleh, Andri. 2009.Kreatif Mengajar Dengan

Main Map. Bogor: Regina


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------