PENGARUH BUDAYA MUTU DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SEKOLAH (Studi Deskriptif Pada SDN di Wilayah Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis)

Mari Mariasari

Abstract


Sekolah adalah sebuah pranata sosial yang bersistem, meliput berbagai komponen yang satu sama lain saling terkait dan saling mempengaruhi. Komponen-komponen yang dimaksud adalah siswa, pendidik dan tenaga kependidikan lainnya, kurikulum, dan fasiltias pendidikan. Komponen lain yang juga berpengaruh besar terhadap proses penyelenggaraan dan peningkatan mutu pendidikan, adalah pemangku kepentingan (stakeholders), terutama orangtua siswa dan masyarakat pengguna jasa pendidikan. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah yang akan diteliti yaitu apakah terdapat pengaruh budaya mutu dan peran komite sekolah terhadap peningkatan prestasi Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive analytic dan verivicatif. Objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan komite sekolah di SD Negeri di Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis.Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyimpulkan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh budaya mutu terhadap prestasi sekolah, artinya bahwa semakin baik budaya mutu akan menyebabkan prestasi sekolah akan semakin meningkat. Sehingga dengan demikian maka diharapkan semua warga sekolah mendukung apa yang menjadi tujuan sekolah seperti halnya mentaati apa yang menjadi nilai-nilai atau aturan umum yang dikemas dalam bentuk tata tertib sekolah serta menciptakan suasana lingkungan kerja yang kondusif sehingga semua pihak merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di sekolah. 2) Terdapat pengaruh peran komite sekolah terhadap prestasi sekolah. Artinya bahwa semakin baik peran komite sekolah maka pengaruh prestasi sekolah semakin meningkat. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan semakin baiknya peran komitesekolah maka pengaruh prestasi sekolah akan semakin meningkat. Dengan demikian maka untuk meningkatkan prestasi sekolah yang baik diperlukan peran komite sekolah yang menunjang peningkatan prestasi sekolah seperti meningkatkan peran komite sekolah dalam memberikan pertimbangan manajemen dan administrasi sekolah serta memberikan dukungan dalam pelaksanaan mendukung program kerja pengelolaan peserta didik dan berperan dalam mendukung program kerja peran serta keterlibatan masyarakat sehingga yang menjadi tujuan sekolah dapat tercapai dengan baik. 3) Terdapat pengaruh budaya mutu dan peran komite sekolah terhadap prestasi sekolah. Artinya bahwa semakin baik peran komite sekolah dan budaya mutu maka akan menyebabkan prestasi sekolah akan meningkat. Dengan demikian untuk meningkatkan prestasi sekolah yang baik maka peran yang tinggi dari warga sekolah dan masyarakat sangat penting sehingga yang menjadi tujuan sekolah dapat tercapai dengan baik. Selain hal perubahan sekolah secara terus menerus dapat mendukung sekolah dalam mencapai prestasi sekolah yang baik.Kata kunci : kepemimpinan kepala madrasah, budaya kerja, kinerja guru.

Full Text:

Download

References


Satmoko, Retno Sriningsih, 1999. Landasan

Kependidikan Pengantar ke arah Ilmu

Pendidikan Pancasila,Semarang : IKIP

Semarang Press.

Umaedi, 2000, Manajemen Pendidikan Mutu

Berbasis Sekolah, Sebuah Pendekatan

untuk Meningkatkan mutu, Jakarta, Dir

Dikmenum, Depdiknas.

Depdiknas.. 2001. Manajemen Peningkatan

Mutu Berbasis Sekolah. Buku 1 Konsep

dan Pelaksanaan. Jakarta : Dirjen

Dikdasmen

Peterson, R.S. 1994. The Role of Values in

Predicting Fairness Judgments and

Support of Affirmative Action. Journal of

Social Issues, 50: 95-115.

Sergiovanni, T.J. & Starratt, R.J. 1987.

Supervision A Redefinition. Fifth Edition.

New York: Mc Graw Hill Inc.

Deal, Terrence E. dan Kent D. Peterson. 2009.

Shaping School Culture: Pitfall,

Paradoxes, and Promises. San Francisco:

Josses-Bass.

Kostter P. John dan Heskett. L. James. 2000

Corporate Culture and Performance.

Dampak Budaya Perusahaan terhadap

kinerja. Pearson Education Asia. Jakarta

Wallace, Richard C dan dan Engel, David E

The Learning School. housand Oaks,

CA: Corwin Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i2.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :