PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN BUDAYA AKADEMIK GURU TERHADAP PRESTASI SEKOLAH (Studi pada SMA Negeri Se Kota Tasikmalaya)

Pipih Nurhanipah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap terhadap
prestasi sekolah di SMA Negeri se Kota Tasikmalaya, mengetahui pengaruh budaya akademik
terhadap prestasi sekolah di SMA Negeri se Kota Tasikmalaya dan mengetahui pengaruh budaya
organisasi dan budaya akademik terhadap prestasi sekolah di SMA Negeri se Kota Tasikmalaya
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik
survey, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data primer diambil dari
isian kuesioner dari responden. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 320 orang Guru SMA
Negeri di Kota Tasikmalaya, teknik sampel yang digunakan adalah stratified random sampling teknik
pengambilan sampel berdasarkan pada tiap sekolah. Sample penelitian ini sebanyak 76 responden.
Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa Budaya sekolah termasuk pada kriteria baik, budaya
akademik termasuk pada kriteria baik dan prestasi sekolah termasuk dalam kriteria baik
Hipotesis 1 diterima yaitu terdapat pengaruh positif antara budaya organisasi terhadap prestasi
sekolah di SMA Negeri Se Kota Tasikmalaya, hipotesis ke 2 diterima yaitu terdapat pengaruh positif
budaya akademik terhadap prestasi sekolah di SMA Negeri Se Kota Tasikmalaya dan hipotesis ke 3
diterima yaitu terdapat pengaruh positif antara budaya organisasi dan budaya akademik terhadap
prestasi sekolah di SMA Negeri Se Kota Tasikmalaya.
Disarankan dapat ditingkatkan lagi budaya sekolah dan budaya akademik dalam pencapaian
tujuan dari sekolah yaitu pada sektor guru-guru harus selalu siap menjadi pembimbing siswa yaitu
dengan cara meningkatkan kepribadian guru serta memberikan pelatihan-pelatihan keorganisasian
serta guru mampu untuk meningkatkan kinerja yang berdasarkan pada budaya sekolah yang ada.
Kata kunci : budaya organisasi, budaya akademik dan prestasi sekolah.


Full Text:

Download

References


Aan Komariah (2004), Pengaruh Visionary

Leadership dan Budaya sekolah terhadap

Sekolah Efektif di Era Desentralisasi pada

SMUN.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu

pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dadang Suhardan. 2010. Supervisi Profesional.

Bandung. Alfabeta

Fajar. 2002. Mahasiswa dan Budaya Akademik.

Bandung, Rineka

Robbins. P.S.,2002. Prinsip-prinsip Perlaku

Organisasi. Edisi kelima , Penerbit

Erlangga

Veuthzal Rivai. 2004. Kepemimpinan dan

Perilaku Organisasi. Jakarta. PT. Raya

Grafindo Persada

Wirawan. 2007. Budaya Dan Iklim Organisasi.

: Teori, Aplikasi Dan Penelitian.

Jakarta:Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------