PENGARUH KREATIVITAS KEPEMIMPINAN SEKOLAH DAN DUKUNGAN STAKEHOLDERS TERHADAP KEBERHASILAN PROGRAM SEKOLAH (Studi pada MTs di Kabupaten Ciamis Selatan)

Rasem Rasem

Abstract


MTs di Kabupaten Ciamis khususnya Ciamis selatan masih belum optimal. Masih banyak sekolah
yang belum mencapai program yang direncanakan antara lain dalam meningkatkan hasil Ujian
nasional. Hasil ujian nasional tahun sebelumnya memberikan gambaran bahwa belum semua MTs
Negeri di Kabupaten Ciamis berhasil mencapai target yang ditetapkan; (2) Masih diperlukan upaya
peningkatan kreativitas kepemimpinan sekolah. Mengingat kepemimpinan yang kreatif mampu
mencapai keberhasilan sekolah. Sebab banyak sekolah yang gagal berbalik menjadi sukses, dan
sekolah yang bagus menjadi merosot dengan tajam. Membaik dan memburuknya sekolah dapat
dilacak dari kualitas kepala sekolahnya; (3) Dukungan stakeholders masih perlu di tingkatkan, sebab
dukungan stakeholders olah mampu mencapai keberhasilan sekolah. Stakeholders sekolah merupakan
orang-orang atau badan yang berkepentingan langsung atau tidak langsung terhadap kegiatan
pendidikan di sekolah, yang belum semuanya dapat meningkatkan program sekolah; (4) Kreativitas
kepemimpinan dan dukungan stakeholders kurang menunjang tercapainya keberhasilan sekolah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pengaruh
kreativitas kepemimpinan sekolah terhadap keberhasilan program sekolah?; (2) Bagaimana pengaruh
dukungan stakeholders olah terhadap keberhasilan program sekolah?; (3) Bagaimana pengaruh
kreativitas kepemimpinan sekolah dan dukungan stakeholders terhadap keberhasilan program
sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi
dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru MTs di Kabupaten Ciamis Selatan . Sedangkan
banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang responden.
Berdasarkan hasil pengolahan data terhadap masing-masing variabel disimpulkan sebagai
berikut. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas kepemimpinan sekolah termasuk kategori tinggi,
begitu juga keberhasilan program sekolah termasuk kategori tinggi. Dengan demikian maka terdapat
pengaruh positif kreativitas kepemimpinan sekolah terhadap keberhasilan program sekolah. Artinya
semakin baik kreativitas kepemimpinan sekolah, maka akan semakin baik keberhasilan program
sekolah. Hasil penelitian menunjukkan Dukungan stakeholders termasuk kategori tinggi, begitu juga
keberhasilan program sekolah termasuk kategori tinggi. Dengan demikian maka terdapat pengaruh
positif dukungan stakeholders terhadap keberhasilan program sekolah. Artinya semakin baik
dukungan stakeholders, maka akan semakin baik keberhasilan program sekolah.. Kreativitas
kepemimpinan sekolah dan dukungan stakeholders berpengaruh positif terhadap keberhasilan
program sekolah. Artinya semakin baik kreativitas kepemimpinan sekolah dan dukungan stakeholders,
maka akan semakin baik keberhasilan program sekolah.
Kata kunci : kreativitas kepemimpinan sekolah, stakeholders, keberhasilan program sekolah.


Full Text:

Download

References


Adair. 1984. Peran Paradigma dalam

Pendidikan. Bandung : Remadja Karya

Davis dan Thomas. 1989. Human Behavior at

Work. New Delhi: MacGraw Hill.

Munandar. 2002. Manajemen Sekolah.

Bandung: PT. Refika Aditama

Scheerens dan Bosker. 1997. Ehancing

Educational Opportunities for

Disadvantaged Learners: Amesterdam :

Nort-Holland Publishing Company

Siagian, Sondang. 2002. Manajemen Sumber

Daya Manusia (Cetakan V). Jakarta. Bumi

Aksara

Sudrajat. 2010. Manajemen Kinerja Guru.

Jakarta. Bumi Aksara

Sugiyono, 2002, Statistik untuk Penelitian.

Bandung : CV Alfabeta

Sumardjan. 1983. Kepemimpinan Kepala

Sekolah. Tinjauan Teoretik dan

Permasalahannya. Jakarta: Raja Grapindo

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20

tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------