STUDI TERHADAP PRESTASI SEKOLAH DASAR BERSTANDAR NASIONAL (SDSN) DI BAYONGBONG KABUPATEN GARUT

Rita Runiasih

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) SDSN Bayongbong1 Kabupaten
Garut mengalami kendala dalam pengelolaan dana untuk mendanai sarana dan prasaran sekolah; (2)
SDSN Bayongbong 1 Kabupaten Garut belum representatif dalam menyusun rombel belajar siswa
sesuai sekolah standar nasional (SSN); (3) SDSN Bayongbong1 Kabupaten Garut belum memiliki
tenaga kependidikan yang memadai, kekurangan guru bidang studi dan guru yang ahli membimbing
siswa dalam penggunaan IT. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah:
Bagaimana Prestasi Sekolah Dasar Berstandar Nasional (SDSN) Bayongbong 1 Kabupaten Garut?;
Hambatan apa yang dialami Sekolah Dasar Berstandar Nasional (SDSN) Bayongbong 1 Kabupaten
Garut, dalam mewujudkan prestasi sekolah?; Upaya apa yang dilakukan Sekolah Dasar Berstandar
Nasional (SDSN) Bayongbong 1 Kabupaten Garut, dalam mengatasi hambatan tersebut. Hasil
penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Prestasi Sekolah Dasar Berstandar Nasional
(SDSN) Bayongbong 1 Kabupaten Garut, Dilihat dari prestasi akademik baik dari hasil ujian
nasional, ulangan harian, ujian tengah semester, ujian kenaikan kelas, prestasi olimpiade, termasuk
kategori baik. Sementara itu prestasi non akademik dilihat dari: olahraga, kesenian, pramuka, UKS,
LTUB, dan Kerohanian, sudah baik; (2) Hambatan yang dihadapi dalam mewujudkan prestasi
sekolah adalah terbentur dalam hal SDM sekolah dan waktu pelaksanaan yang bentrok dengan
kegiatan sekolah itu sendiri: (3) Upaya yang dilakukan pihak Sekolah Dasar Berstandar Nasional
(SDSN) Bayongbong 1 Kabupaten Garut untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi tersebut,
yaitu dengan melakukan pendidikan dan pelatihan serta mengembangkan kreativitas guru. Sebab
pendidikan merupakan salah satu aspek pembangunan dan sekaligus merupakan syarat mutlak untuk
mewujudkan pembangunan nasional; oleh karena itu, pendidikan memiliki posisi strategis dalam
segala segi pembangunan bangsa, khususnya pada upaya pembangunan sumber daya manusia.
Kata kunci : Prestasi Sekolah Dasar Berstandar Nasional (SDSN).


Full Text:

Download

References


Brace, 1993. Introduction to Psychology, 8th

Ed. Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

Darter, 1993. Organization Theory and Design.

New York: West Publishing Company.

William B. Werther, Jr. dan Keith Davis. 1993.

Human Reson and Personnel

Management. New York: McGraw-Hill

Yayat Hayati

Hoy, W. K, dan Miskel, C. G. 1991.

Educational Administration: Theory,

Research and Practice. New Jersey:

Random Hoese.

Kotter, John P. dan Heskett James

L..1998.Corporate Culture and

Performance. (terj Benyamin Molan).

Jakarta: PT Prehalindo

Laeham dan Wexley. 1982. Increasing

Productivity Through Performance Appraisal. New York: Addison-Wesley

Publishing Company, Inc.

Made Pidarta, 1988. Manajemen Pendidikan

Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Stewart Mitchell, Alleen. 1997. Empowering

People. Yogyakarta: Kanisius, dialih

bahasakan oleh Agus M. Hardjana.

Mortimer R.Feinberg (1979) School and

Society. New York: Teacher College

Press.

Rao, TV. 1992. Penilaian Prestasi Kerja Teori

dan Praktek. Jakarta: PT. Ganudra Pustaka

Utama.

Smith, N., & Pulakos, E. D. 1985. “Predicting

Job satisfaction from Life Satisfaction : Is

There a General Satisfaction Factor?”

International Journal of Psychology, 29,

p.155-167.

Sutermeister, R A. 1976. People and

Productivity (Third ed). New

York:McGrow-Hill Book Company.

Tjalla 1991 School characteristic and

educational outcomes: Toward

organisational model of student

achievment in middle schools. Educational

Administration Quarterly, 36(6), 703-729.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------