PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA SEKOLAH (Studi Deskriptif Analitik di Madrasah Aliyah se-Kota Tasikmalaya)

Lena Purnamaria

Abstract


Masalah yang diteliti adalah kinerja sekolah banyak yang tidak kondusif serta personil sekolah
yang ada tidak dilengkapi dengan kemampuan keterampilan yang optimal dan manajerial yang
memadai, sehingga tidak memberi dorongan untuk meningkatkan tujuan organisasi gail ini disebakan
oleh manajemen pendidikan pada berbagai tingkat dan satuan pendidikan kurang berfungsi dengan
baik terlihat dari kurangnya disiplin kerja serta kurang komitmen terhadap program dan visi, misi
sekolah tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan manajemen mutu terpadu
dan kompetensi guru terhadap kinerja sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
descriptive analytic dan verivicatif. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek penelitian adalah
penerapan manajemen mutu terpadu dan kompetensi guru serta kinerja sekolah Populasi dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru sebanyak 753 orang, maka sampel dalam penelitian ini
berjumlah 88 orang. Untuk memilih guru yang dijadikan sampel (responden) dari masing-masing
sekolah digunakan teknik sistematik sampling. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan
beberapa hal sebagai berikut : 1) Penerapan manajeman mutu terpadu berpengaruh positif terhadap
kinerja sekolah, artinya bahwa semakin baik penerapan manajeman mutu terpadu maka akan semakin
baik kinerja sekolah. 2) Kompetensi guru memberikan pengaruh positif terhadap kinerja sekolah.
artinya bahwa semakin baik kompetensi guru maka akan semakin baik kinerja sekolah. 3) Manajeman
mutu terpadu memberikan pengaruh positif terhadap kompetensi guru. artinya bahwa semakin baik
manajeman mutu terpadu maka akan semakin baik kompetensi guru. 4) Penerapan manajemen mutu
terpadu dan kompetensi guru berpengaruh terhadap kinerja sekolah. Hal ini dibuktikan dengan hasil
analisis korelasi parsial antara variabel penerapan manajemen mutu terpadu dan kompetensi guru
berpengaruh terhadap kinerja sekolah Hasil tersebut membuktikan bahwa semakin baik penerapan
manajemen mutu terpadu dan kompetensi guru maka kinerja sekolah akan meningkat.
Kata kunci : penerapan manajemen mutu terpadu, kompetensi guru, kinerja sekolah


Full Text:

Download

References


Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi

Pendidikan dan Manajemen Biaya

Pendidikan, Alfabeta. Bandung.

Hasibuan. Malayu. 2002. Manajemen Sumber

Daya Manusia. CV Haji Masagung.

Jakarta

M. Rifai. 2000. Supervisi Sekolah dalam

Praktek. IKIP. Bandung

Makmun, Abin Syamsudin. 2000. Psikologi

Kependidikan. Perangkat Sistim

Pengajaran Modul. Remaja Rosda:

Bandung

Mariana. 2004. Manajemen Pendidikan di

Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nawawi. H. Hadari. 2000. Manajemen

Strategik Organisasi non Propit Bidang

Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang

Pendidikan. Gajah Mada Universitas.

Yogyakarta.

Permadi, Dedi. 2001. Kepemimpinan Mandiri

(Profesional) Kepala Sekolah, Bandung:

PT. Sarana Panca Karya.

Salis, Edward. 1993. Total Quality

Management in Education. Kogan Page.

London

Santoso, Amir. 2000. Peningkatan Kualitas

Aparatur Negara. Unpar Bandung

Sondang,P Siagian. 2005: Manajemen Stratejik.

Bumi Aksara. Bandung.

Tabrani Rusyan, 1999. Upaya Meningkatkan

Budaya Kinerja Guru Sekolah Dasar. PT

Nusantara Lestari Ceria Pratama. Jakarta.

Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala

Sekolah. PT. Rajagrafindo Persada.

Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------