MEMBENTUK KARAKTERISTIK GURU PROFESIONAL DALAM MENGAJAR

Muhamad Erwin Nugraha

Abstract


Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana membentuk karakteristik guru profesionalisme. Penelitian ini menggunakan metode survei terbatas pada kelompok sampel terjangkau, yaitu tenaga pengajar yang berada di Madrasah Tsanawiyah Negeri Banjar. Metode ini digunakan karena tujuan penelitian sifatnya menganalisis secara evaluatif, dan mendeskripsikannya sesuai dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Ada dua faktor yang membentuk profesionalisme guru yaitu faktor internal dan eksternal Faktor internal melibatkan individu guru itu sendiri, kemauan untuk berubah, berinovasi, menerima hal yang baru, memperdalam ilmu pendidikan, evaluasi diri dan refleksi diri, merupakan syarat yang harus ditempuh untuk menjadi profesional. Faktor eksternal sangat berpengaruh terhadap profesionalisme guru. Stimulus menjadi kunci dalam pembentukan karakter yang profesional. Pelatihan, supervisi secara berkala dan peningkatan kompensasi menjadi yang sangat penting dalam upaya peningkatan profesionalisme guru dalam mengajar Kata kunci: karakteristik, profesionalisme, internal, eksternal, stimulus

Full Text:

Download

References


Davila, Tony. (2006). Profit-Making

Innovation. Jakarta. Bhuana Ilmu Populer.

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber

daya Manusia Edisi III. Jakarta: STIE

YKPN.

Kusmana Suherli. (2010). Manajemen Inovasi

Pendidikan. Ciamis : Pascasarjana Unigal

Press.

Moekijat. 1995. Manajemen Personalia dan

Sumberdaya Manusia. Bandung : Penerbit

Mandar maju.

Suhardan Dadang. (2010). Supervisi

Profesional. Bandung : Alfabeta

Suparman.(2010). Gaya Mengajar yang

Menyenangkan Siswa. Yogyakarta. Pinus

Book Publisher.

Berdiati Ika (2010). Pembelajaran Bahasa

Indonesia Berbasis PAKEM. Bandung:

Sega Arsy.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i2.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :