MEMBENTUK KARAKTERISTIK GURU PROFESIONAL DALAM MENGAJAR

Muhamad Erwin Nugraha

Abstract


Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana
membentuk karakteristik guru profesionalisme. Penelitian ini menggunakan metode survei terbatas
pada kelompok sampel terjangkau, yaitu tenaga pengajar yang berada di Madrasah Tsanawiyah
Negeri Banjar. Metode ini digunakan karena tujuan penelitian sifatnya menganalisis secara evaluatif,
dan mendeskripsikannya sesuai dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah
sebagai berikut: Ada dua faktor yang membentuk profesionalisme guru yaitu faktor internal dan
eksternal Faktor internal melibatkan individu guru itu sendiri, kemauan untuk berubah, berinovasi,
menerima hal yang baru, memperdalam ilmu pendidikan, evaluasi diri dan refleksi diri, merupakan
syarat yang harus ditempuh untuk menjadi profesional. Faktor eksternal sangat berpengaruh
terhadap profesionalisme guru. Stimulus menjadi kunci dalam pembentukan karakter yang
profesional. Pelatihan, supervisi secara berkala dan peningkatan kompensasi menjadi yang sangat
penting dalam upaya peningkatan profesionalisme guru dalam mengajar
Kata kunci: karakteristik, profesionalisme, internal, eksternal, stimulus


Full Text:

Download

References


Davila, Tony. (2006). Profit-Making

Innovation. Jakarta. Bhuana Ilmu Populer.

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber

daya Manusia Edisi III. Jakarta: STIE

YKPN.

Kusmana Suherli. (2010). Manajemen Inovasi

Pendidikan. Ciamis : Pascasarjana Unigal

Press.

Moekijat. 1995. Manajemen Personalia dan

Sumberdaya Manusia. Bandung : Penerbit

Mandar maju.

Suhardan Dadang. (2010). Supervisi

Profesional. Bandung : Alfabeta

Suparman.(2010). Gaya Mengajar yang

Menyenangkan Siswa. Yogyakarta. Pinus

Book Publisher.

Berdiati Ika (2010). Pembelajaran Bahasa

Indonesia Berbasis PAKEM. Bandung:

Sega Arsy.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------