Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21 UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS MELALUI SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Triani Widyanti

Abstract


Perkembangan dunia abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran. Dunia kerja menuntut perubahan kompetensi, kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkolaborasi menjadi kompetensi penting dalam memasuki kehidupan abad 21. Pendidikan yang identik dengan sekolah, menjadi harapan besar masyarakat untuk mampu mewujudkan insan-insan unggul di abad 21 yaitu insan yang mampu bersaing di pelbagai sektor kehidupan ditengah tengah perkembangan global yang sangat kompetitif disamping dukungan dari pemangku kepentingan termasuk masyarakat. Paradigma pembelajaran abad 21 menekankan kepada kemampuan siswa untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi komunikasi, dan berkolaborasi. Para peneliti di dunia mengkategorikan keterampilan yang diperlukan pada abad 21 menjadi empat kategori diantaranya  Ways of thinking (Cara berpikir), Ways of working (Cara kerja dan Komunikasi), Tools for working (Alat untuk bekerja), Skills for living in the world (Keterampilan untuk hidup di dunia). Guru perlu melakukan perubahan sistem pembelajaran yang awalnya bersifat konvensional menjadi sistem pembelajaran yang berbasis ICT (Information and Communication Technology). Guru harus mampu memanfaatkan informasi yang berkembang di masyarakat ke dalam proses pembelajaran. Peran guru dalam pembelajaran di abad 21 penuh tantangan yang harus ditaklukkan agar dapat membawa peserta didik kelak mampu bertahan dan bersaing di dunia luar.

Kata kunci: Keterampilan abad 21, berpikir kritis, ICT


Full Text:

PDF

References


Griffin, P., McGaw, B., & Esther, C., Ed. (2012). Assesment and Teaching of 21st Century Skills. New York: Springer.

Hasan, H. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. (2012). Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills Learning For Life in Our Times. United States: John Wiley & Sons, Inc. Part. Introduction.

Supriatna, N. (2012). “Pandangan Postmodernism dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran IPS”.vDalam Inovasi Pembelajaran IPS. Ed. Karim Suryadi dan Elly Malihah. Bandung: Rizqi Press dan FPIPS UPI.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Van Melsen, A.G.M. (1985). Ilmu Pengetahuan dan Tanggung Jawab Kita. Terjemahan K. Bertens, judul asli Wetenschap en Verantwoordelijkheid. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------