PENILAIAN DAN PENGEMBANGAN PRESTASI GURU DALAM MENGAJAR BERBASIS KEPUASAN PIHAK YANG DILAYANI

Rani Maulina Aquariustin

Abstract


Guru adalah figur sumber daya manusia yang menempati posisi dan memegang peran penting
dalam pendidikan. Ketika semua orang mempersoalkan masalah dunia pendidikan, figur guru mesti
terlibat dalam agenda pembicaraan terutama yang menyangkut persoalan pendidikan formal di
sekolah. Untuk itu, guru dituntut memiliki kinerja yang mampu memberikan dan merealisasikan
harapan dan keinginan semua pihak terutama orang tua dan masyarakat yang telah menaruh
kepercayaan terhadap sekolah dan guru dalam mendidik siswanya. Perubahan paradigma pendidikan
sekarang ini membuka peluang berbagai pihak untuk dapat menilai sekolah dan guru dalam
melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam mencerdaskan peserta didik. Sehingga
keterlibatan berbagai pihak yang dilayani dalam proses pendidikan dapat mendorong tercapainya
kualitas proses pembelajaran yang bermutu.
Kata kunci: penilaian dan pengembangan prestasi guru dalam mengajar, kepuasaan siswa


Full Text:

Download

References


Mulyasa. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah

(Konsep, Strategi dan Implementasi).

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Pendidikan.

Bandung: Alfabet.

--------------------- 2011. Revitalisasi

Pembangunan Profesi Guru Tuntutan dan

Permasalahannya. Pada Seminar

pendidikan Nasional dengan tema:

“Revitalisasi Pengelolaan Pendidikan

Dasar Berbasis Karakter Akhlak Mulia.”

Ciamis.

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi

Pendidikan. Bandung: PT. Refika

Aditama.

UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan

Dosen.

PP No 19 Tahun 2005 Tentang Standar

Nasional Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------