PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KREATIVITAS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN (Studi pada SMA Negeri Kabupaten Ciamis)

Mulyo Toto Suparto

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional danKreativitas Kepala
Sekolah terhadap Kualitas Pembelajaran (Studi pada SMA Negeri Kabupaten Ciamis).” Rumusan
masalah adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh pengaruh gaya kepemimpinan transformasional
terhadap kualitas pembelajaran? 2) Apakah terdapat pengaruh pengaruh kreativitas kepala sekolah
terhadap kualitas pembelajaran? 3) Apakah terdapat pengaruh gaya kepemimpinan transformasional
dan kreativitas kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran? Tujuan penelitian adalah ingin
mengetahui: 1) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pembelajaran. 2)
Pengaruh kreativitas kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran. 3) Pengaruh gaya
kepemimpinan transformasional dan kreativitas kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran.
Hipotesis penelitian sebagai berikut: 1) Ada pengaruh gaya kepemimpinan transformasionalterhadap
kualitas pembelajaran. 2) Ada kreativitas kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran. 3) Ada
pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan kreativitas kepala sekolah terhadap kualitas
pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif. Unit
analisis adalah guru. Pengolahan data statistik menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kualitas
pembelajaran. Artinya semakin baik gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah maka
cenderung semakin meningkat kualitas pembelajaran. 2) Ada pengaruh kreativitas kepala sekolah
terhadap kualitas pembelajaran. Artinya semakin tinggi kreativitas kepala sekolah maka cenderung
semakin meningkat kualitas pembelajaran. 3) Ada pengaruh gaya kepemimpinan transformasional
dan kreativitas kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran. Artinya semakin baik gaya
kepemimpinan transformasional dan semakin tinggi kreativitas kepala sekolah maka cenderung
semakin meningkat kualitas pembelajaran.
Kata kunci: kepemimpinan transformasional, kreativitas kepala sekolah, kualitas pembelajaran.


Full Text:

Download

References


Bass, B.M, 1985, Leadership and Performance

Beyond Expectation, New York: Free

Press.

Burns, J.M, 1978, Leadership. New York:

Harper&Row

Campbell, David.1996. Mengembangkan

Kreativitas. Yogyakarta: Kanisius.

Danim, S. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan

Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka

Cipta.

Depdiknas, 2003. Undang-Undang Nomor 20

Tahun 2003,tentang Sistem Pendidikan

Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Dirawat, dkk. 1983. Pengantar Kepemimpinan

Dalam Rangka Inovasi Pendidikan

Pertumbuhan Jabatan Guru. Jakarta :

Alda.

Erik , R, 2001, Leadership Articles, tersedia

pada www.google.co.id (diakses tanggal

Desember 2011)

Hawadi, at all. 2001. KeberbakatanIntelektual.

Jakarta: Grasindo

Ibrahim, 1998, Inovasi Pendidikan, Jakarta,

P2LPTK.

Kartono, K.1998, Pemimpin dan

Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja

Grafindo Persada.

Keating, 2000, Kepemimpinan, Teori dan

Pengembangannya, Yogyakarta : Kanisius.

KomariahAan, danCepiTriatna. 2008, Visionari

Leadership: MenujuSekolah Efektif.

Bandung : Bumi Aksara

Makmun, Abin, 1999, Pengembangan Profesi

dan Kinerja Tenaga Pendidikan, Bandung:

PPS UPI, tidak diterbitkan.

Maslow, A.H, 1991, Motivation and

Personaluty. New York: Harper and Row.

Muksin, 2005, Kepemimpinan

Transformasional di Sekolah dalam

Meningkatkan Outcomes Peserta Didik,

www.docstoc, 10 Oktober 2011.

Mulyani, Isye, 2005, Kontribusi Kepemiminan

Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar

Guru Terhadap Peningkatan Mutu

Pendidikan di SMA Se- Kabupaten

Bandung. Tesis Magister Pendidikan pada

SPS UPI Bandung: Tidak diterbirkan.

Mulyasa, E, 2003, Kurikulum Berbasis

Kompetensi (KBK). Bandung. PT. Rosda

Karya.

Nasution, A, S, 1999. Kuasa dan

Kepemimpinan. Jakarta: Bidang

Pendidikan Tinggi - Pusdiklat Depdikbud.

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005

tentang Standar Nasional Pendidikan

Permadi, Dadi, 2001, Kepemimpinan Mandiri

(Profesional) Kepala Sekolah. Bandung:

PT Sarana Pancakarya.

Sagala, S, 2007, Manajemen Strategik dalam

Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung:

Alfa Beta.

Sepandji, K.T, 1999, Teori Pembangunan

Dalam Pemerintahan, Jakarta: Universal.

Siagian, S.P, 2002, Organisasi Kepemimpinan

dan Perilaku Administrasi. Jakarta:

Gunung Agung.

Supriadi, Dedi, 1998. Teori Hierarki

Kebutuhan maslow; tersedia: http

//organisasi.org/teorihierarkiMaslaw.

(tanggal, 2 Mei 2008)

Suryadi, ace dan Dasim Budimansyah, 2004,

Pendidikan Nasional Menuju Masyarakat

Indonesia Baru. Bandung: Angkasa.

Syaefuddin, A. 2003. Administrasi

Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan,

Bandung, Sekolah Tinggi Keguruan dan

Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi.

Terry, R. G, 1984, Prinsip-prinsip Manajemen.

alih bahasa oleh Smith J, Jakarta : Bumi

Aksara.

Umaedi, (1999), ManajemenPeningkatan Mutu

Berbasis Sekolah Online.Tersedia :

http/www.ssep.net/director.btml.

Umar, Husein, 2000, Evaluasi Kinerja

Perusahaan, Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama.

Wahjosumidjo, 1999, Kepemimpinan Kepala

Sekolah. Tinjauan Teoretik dan

Permasalahannya, Jakarta : Raja Grafindo

Persada.

Wijaya, Cece, dkk, 2006, StatistikaPenelitian.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------