Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGARUH MANAJEMEN SARANA PRASARANA DAN PERAN KEPEMIMPINAN TERHADAP PEMBANGUNAN OLAH RAGA (Studi di Politeknik Negeri se-Bandung Raya)

Dede Sujana

Abstract


Pembangunan olahraga pada pendidikan tinggi tidak kalah pentingnya dari pembangunan olahraga masyarakat. Olahraga memiliki potensi strategis dalam bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan, dan perdamaian. Politeknik sebagai salah satu pendidikan tinggi yang membina mahasiswa untuk mampu menjadi manusia mandiri tentunya bertanggung jawab untuk memberikan bekal kompetensi kepada mahasiswa guna mampu bersaing dalam dunia kerja. Olahraga dijadikan sebagai alat pembangunan karakter dan life skill pada mahasiswa. Hal ini didukung oleh pengelolaan sarana-prasarana dan struktur serta kebijakan pimpinan di perguruan tinggi politeknik. Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka secara umum tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh manajemen sarana prasarana dan peran kepemimpinan terhadap pembangunan olahraga di Politeknik Negeri se-Bandung Raya. Hasil pengolahan dan analisis data penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana olahraga dan peran kepemimpinan memberikan kontribusi 98,4% terhadap angka partisipasi dalam melakukan olahraga atau aktivitas fisik dan 95,1% terhadap kebugaran jasmani mahasiswa. Artinya bahwa jika manajemen sarana dan prasarana olahraga dikelola secara baik, serta peran kepemimpinan dapat terlaksana secara optimal, maka akan berpengaruh besar terhadap pembangunan olahraga.

Kata kunci: manajemen sarana prasarana, peran kepemimpinan, pembangunan olahraga


References


Abdullah, S. 2004. Pengelolaan Fasilitas. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan Nasional.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Arum, Wahyu Sri Ambar. 2007. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta : CV. Multi Karya Mulia.

Alwi, Hasan. 2005. dkk Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Everard, K.B, geoffrey Morris and Ian Wilson. (2004). Effectif School Management. London: Paul Chapman Publishing.

Hanafi, Ivan. dkk. 2001. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Untuk Pelatihan Kepala Sekolah. Buku 7. Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Hanafi, Ivan. dkk. 2001. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama untuk Pelatihan Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Imron, Ali. 1995. Manajemen Peserta Didik Di Sekolah. Malang: IKIP Malang.

Kusmintardjo. 1992. Pengelolaan Layanan Khusus di Sekolah (Jilid I). Malang: IKIP Malang.

Maksum, Ali. dkk. 2004. Pengkajian Sport Development Indek (SDI), Proyek Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Olahraga Dirjen Olahraga Depdiknas dan Pusat Studi Olahraga Lembaga Penelitian Universitas Jakarta: Surabaya.

Ma’mun, Amung (2012). Perspektif Kebijakan Pembangunan Olahraga dalam Era Demokrasi dan Kepemimpinan Nasional di Indonesia. ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2) Desember 2014 Indonesia ISSN 2088-1290 and website: www.atikan-jurnal.com

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya

Mutohir, Toho Cholik. 2005. Olahraga dan Pembangunan Meraih Kembali Kejayaan. Jakarta: Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia.

Mutohir, Toho Cholik., dan Maksum, Ali. 2007. Sport Development Index (SDI) Konsep, Metodologi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.

Putro’s, Septianh. 2012. “Teori Kepemimpinan” (online)http://septianhputro’s.wordpress.com/2012/01/14/teori-kepimpinan/., diakses Desember 2013.

Rochaety, Eti. dkk. 2005. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sumintarsih, sumintarsih. (2012). Prinsip-prinsip dan Program Latihan Meningkatkan Kebugaran Jasmani. Proceeding seminar nasional membangun Insan Yang Berkarakter dan Bermartabat Melalui Olahraga, - (1). pp. 425-434. ISSN 9786028429610

Wahyudi Kumorotomo dan Subando Agus Margono. 1994. Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi-Organisasi Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wirawan. (2013). Kepemimpinan (Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian). Jakarta : Rajawali Pres.

http://aryawiga.wordpress.com/2012/02/17/manajemen-layanan-khusus-sekolah/

http://rudien87.wordpress.com/2010/03/20/manajemen-hubungan-masyarakat/Hasanah, Uswatun. 2012. “Teori Kepemimpinan” (online),http://uswatunhasanahblog.wordpress.com/2012/12/23/teori-kepemimpinan/., diakses Desember 2013

Yahya, Luqman Andi. 2013. “Teori Kepemimpinan Kharismatik” (online), http://lebak-kauman.blogspot.com/2013/02/teori-kepemimpinan-kharismatik.html?m=1, diakses Desember 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------