Melalui Penggunaan Model Picture And Picture Untuk Meningkatan Kemampuan Cipta Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Rukmini Rukmini

Abstract


Pembuatan artikel ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran cipta puisi melalui model picture and picture pada Kelas VIII E SMPN 1 Wado Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan adalah dengan memperhatikan nilai kegiatan guru dalam pembelajaran sebagai hasil observasi sebelum menggunakan model dan setelah menerapkan model picture and picture menunjukkan adanya peningkatan. Yaitu nilai rata-rata puisi siswa sebelumnya sebesar 58,62. Nilai rata-rata puisi siswa di akhir pebelajaran dengan model picture and picture sebesar 78,25. Hal ini berarti terjadi peningkatan skor rata-rata puisi siswa sebesar 19,63. Aspek yang di evaluasi meliputi memahami gambar yang ditampilkan pada powerpoint, menemukan ide dan mengisi data-data yang terdapat pada gambar tersebut menjadi sebuah puisi. Dari hasil observasi yang didapat pada kegiatan pembelajaran cipta puisi dengan menggunakan model picture and picture menunjukkan adanya peningkatan pada siswa Kelas VIII E SMPN 1 Wado Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai siswa dengan rata-rata 78,25. Meskipun masih ada siswa yang nilainya masih kurang, maka penelitian ini perlu dilanjutkan pada penelitian berikutnya.

Keywords


cipta puisi; model picture and picture

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono.2014. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Ahmad Sadad. 2019. Kemmpuan Menulis.iphedia.com

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dasuki, Isar. 2013. Amati, Tiru, dan Modifikasi pada Lembaga Satuan Pendidikan SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang. http://www.isar-dasuki.com/?p=340. Diunduh pada tanggal 18 Desember 2015.

Doyin, Mukh. 2008. Seni Baca Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Doyin, Mukh. 2010. Mengerjakan Baca Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Haryanto. 2011. Pengertian Model Pembelajaran. http://belajarpsikologi.com/pengertian-modelpembelajaran/. Diunduh tanggal 4 anuari 2015.

Hati, Rika Permata. 2009. Peningkatan Keterampilan Membacakan Puisi dengan Teknik

Jangkar Emosi & Media VCD pada siswa Kelas X.6 SMA N 1 Batang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi : UNNES..

Jauhari, H. 2013. Terampil Mengarang, Bandung: Nuansa Cendikia

Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs.

Sadiman,dkk. 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Sufanti, Main.20210. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v10i5.8861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :