DESKRIPSI PROFIL WARUNG KOPI KIWARI DAN KARAKTERISTIK KONSUMENNYA YANG MENGONSUMSI KOPI ARABIKA MANGLAYANG KARLINA

Muhammad Fadli, Kuswarini Kusno

Abstract


Kiwari Farmers adalah kelompok tani kopi yang memproduksi kopi arabika bernama Manglayang Karlina dan dipasarkan di warung kopi Kiwari. Meningkatnya jumlah kedai  kopi di daerah Bandung menimbulkan persaingan yang semakin ketat dalam industri kopi. Salah satu dampaknya adalah omzet warung kopi Kiwari berfluktuasi selama tahun 2018 Hal ini juga disebabkan jumlah konsumennya menurun. Karena itu, perlu diketahui bagaimana karakteristik konsumennya, agar warung kopi Kiwari dapat menjaga eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Kiwari Farmers dan karakteristik konsumen kopi Manglayang Karlina di Warung Kopi Kiwari. Untuk mencapai tujuan pertama, data dan informasi dikumpulkan dari informan. Sedangkan untuk tujuan kedua, dilakukan survey terhadap sampel responden berukuran 50 yang dipilih secara sengaja (purposive sampling). Data terdiri dari data primer yang dikumpulkan dengan cara wawancara dan menggunakan kuesioner, serta data sekunder yang diperoleh dari studi literatur dan instansi terkait. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan dengan menggunakan tabel frekuensi. Kiwari Farmers berperan sebagai produsen dan pedagang. Sebagai produsen, Kiwari Farmers memproduksi kopi arabika Manglayang Karlina dan kopi Luwak Manglayang. Budidaya tanaman kopi dilakukan di kebun milik pribadi dan diolah secara mandiri dari hulu hingga hilir. Sebagai pedagang, warung Kopi Kiwari menjual bermacam-macam merk kopi yang masing-masing diperoleh dari petani di daerah asal kopi tersebut. Mayoritas responden konsumen adalah laki-laki, berusia rata-rata 20 tahun, belum bekerja, memiliki uang saku per bulan rata-rata Rp 1.568.000, sedang menempuh pendidikan sarjana, dan berdomisili di dalam Bandung. Disarankan Kiwari meneliti kepuasan konsumen sebagai acuan untuk menentukan sasaran-sasaran di tahun-tahun mendatang.


Keywords


Kopi, kedai kopi, karakteristik konsumen, kelompok tani, agribisnis, pertanian, jurnal unigal

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia. Jakarta. www.aeki-aice.org. Diakses pada Agustus 2018

Ayelign, A., K. Sabally. 2013. “Determination of Chlorogenic Acids (CGA) in Coffee Beans Using HPLC”. American Journal of Research Communication. Vol 1 (2), halaman 78-91.

Badan Pusat Statistik Indonesia. www.bps.go.id. Diakses pada Juli 2018.

BPS Provinsi Jawa Barat, 2016. Jawa Barat Dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat.

Creswell JW. 2010. Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Edisi Ketiga (Terjemahan). Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Damanik, Anita Magdalena. 2008. Analisis Sikap dan Preferensi Konsumen terhadap Coffee Shop De Koffie – Pot Bogor. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2014. Statistik Perkebunan Indonesia: Kopi 2013-2015. Kementerian Pertanian. Jakarta.

ED. 2014. Mengenal Jenis-jenis Kopi. Riau: Sekertariat Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Riau.

Engel, James F, et.al, 1994, Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Jakarta: Binarupa Aksara.

Food and Agriculture Organization of United Nation (FAO). 2015. www.faostat.fao.org. Diakses pada Agustus 2018.

Hastuti. 2003. Stereotipe dan Komoditisasi Perempuan dalam Iklan. Jurnal Perempuan. Jakarta : YJP.

International Coffee Organization (ICO). 2018. www.ico.org. Diakses pada Juli 2018

Kotler P. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-11. Molan B, Penerjemah. Jakarta (ID): PT.Indeks. Terjemahan dari: Marketing Management. 11th Edition.

Kotler, Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran 1, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin L., Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Terjemahan: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Indonesia: Penerbit Erlangga

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks

Kusno, Kuswarini. A. Imannurdin, Nursyamsiyah, dan E. Djuwendah 2018. Analysis of Rice Purchase Decision on Rice Consumer in Bandung City. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science.

Nawrot, P., S. Jordan., J. Eastwood., J. Rotstein., A. Hugenholtz., M. Feeley. 2003. Effects of Caffeine on Human Health. Food Additives and Contaminants. Vol. 20, No. 1, halaman 1-30.

Panggabean, Eddy. 2011. Buku Pintar Kopi. Jakarta: AgroMedia Pustaka

Rahardjo, Pudji. 2012. Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Penebar Swadaya: Jakarta.

Rahardjo, Pudji. 2012. Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Penebar Swadaya: Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Imliah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: