Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Manajemen Dan Strategi Pemasaran Sayur Organik (Studi Kasus di Kelompok Tani Tranggulasi Desa Batur, Kabupaten Semarang)

Illene Naomi Nugroho, Yuliawati Yuliawati

Abstract


Masyarakat zaman sekarang mulai memperhatikan produk yang dikonsumsi seperti sayur organik. Munculnya covid-19 berdampak pada penjualan sayur organik. Salah satu pelaku usaha yang mengalami dampak covid-19 adalah kelompok tani Tranggulasi. Tranggulasi bergerak sebagai produsen dan pemasok sayur organik di beberapa kota. Munculnya Covid-19 berdampak pada penjualan sayur organik. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji dampak pandemi Covid-19 terhadap manajemen dan strategi pemasaran sayuran organik di Tranggulasi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif, bauran pemasaran (4P), dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil penelitian, dampak Covid-19 terhadap manajemen yaitu kesulitan pendistribusian sayur organik, penjualan produk yang dinamis, serta memaksimalkan penjualan dengan media sosial. Berdasarkan hasil analisis AHP pada tingkatan faktor, produk menjadi fokus utama dengan bobot 0,29. Tingkatan aktor, sekretaris dengan bobot 0,44. Prioritas tujuan dalam strategi pemasaran yaitu meningkatkan mutu dan kualitas dengan bobot 0,29. Pada level alternatif, menetapkan standar kualitas produk menjadi prioritas dengan bobot 0,37.

Keywords


Analytical Hierarchy Process (AHP), bauran pemasaran, manajemen strategis, sayur organik, Tranggulasi

References


Abdalloh, Mildan. 2020. Pasar Sepi Akibat Corona, Petani Sayuran Manfaatkan Jualan Online. ayobandung.com/read/2020/03/26/83965/pasar-sepi-akibat-corona-petani-sayuran-manfaatkan-jualan-online. Diakses 27 Mei 2020.

Hartono, H., Karyana H., Marshelia M. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan pada Perusahaan dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Journal Publishing: Jurnal Manajemen, 2(3):882-897.

Kihi, Asrian Tini. 2014. Pelaksanaan Bauran Pemasaran Sayuran Organik Kelompok Tani Tranggulasi. Skripsi. Fakultas Pertanian dan Bisnis UKSW. Salatiga.

Mariana. 2020. Dampak Corona, Penjualan Sayur Organik Meningkat 50%. https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/04/15/dampak-corona- penjualan-sayur-organik-meningkat-50-persen. Diakses 28 Mei 2020.

Putri, Budi Rahayu Tanama. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Retnoningsih, Fitria, Iga Oka Suryawardani, dan Nyoman Parining. 2016. Pemilihan Prioritas Startegi Pemasaran Coklat Olahan Berdasarkan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus di Perusahaan Magic Chocolate, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali). E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, 5(1):7-8.

Sewaka dan Muhammad Yusuf. 2016. Menentukan Strategi Pemasaran Wafer Cokelat Menggunakan Metoda AHP Pada Perusahaan PT.XYZ Tangerang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 3(2): 44 -45.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: