Tingkat Kepuasan Gofood Partner Terhadap Sistem Kemitraan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Surabaya

Aprilia Dwi Permata Sari, Sri Widayanti, Teguh Soedarto

Abstract


Pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap sektor agroindustri salah satunya pengolahan makanan dan minuman atau yang lebih dikenal dengan bisnis kuliner. Untuk bertahan di kondisi ini, alternatif yang cukup menjanjikan adalah layanan pesan antar makanan. Gofood merupakan layanan pesan antar makanan buatan Indonesia yang menggunakan media tukang ojek sebagai pengantar makanan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan gofood partner yang terdiri dari mitra merchant dan mitra driver terhadap sistem kemitraan pada masa pandemi covid-19 di Kota Surabaya. Pengukuran tingkat kepuasan gofood partner digunakan kerangka kerja PIECES, pengukuran yang didasarkan pada 6 aspek yaitu aspek Performance, Information, Economic, Control & Security, Efficiency, dan Services. Hasil analisis PIECES menunjukkan bahwa pengukuran tingkat kepuasan gofood partner berada dalam kategori puas, baik mitra merchant maupun mitra driver.


Keywords


Tingkat Kepuasan, Mitra Gofood, Pandemi Covid-19

References


Arikunto, S. 2013. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bentley, Lonnie D, and Jeffrey L Whitten. 2007. Systems Analysis and Design for the Global Enterprise. New York: McGrawHill.

Dewi, Farah Eka. 2018. “Analisis Pengaruh Faktor Keamanan, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.”.https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94589

Giri, Putu Citrayani, and Made Heny Urmilla Dewi. 2016. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Driver Go-Jek Di Kota Denpasar.” E-Jurnal EP Unud 6 (6): 948–75.

Hadisaputro, Elvin Leander, Wawan, and Erlin Setyaningsih. 2019. “Analisis Terhadap Kepuasan Mitra GO-JEK Driver Kota Balikpapan Menggunakan Framework PIECES.” J-Sim : Jurnal Sistem Informasi 2 (April): 23–28. http://ojs.stmik-borneo.ac.id/index.php/J-SIm/article/view/32

Hidayatullah, Syarif, Irany Windhyastiti, and Ike Kusdyah Rachmawati. 2020. “Pieces Analysis : Means To Analyze The Satisfaction Of Transport Users In The City Of Malang” 9 (04).

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lee, Yen Nee. 2020. “How the Coronavirus Pandemic Has Hit the Global Economy.” Cnbc, 2020.https://www.cnbc.com/2020/04/24/coronavirus-pandemics-impact-on-the-global-economy-in-7-charts.html

Lindner, James R., and Kim E. Dooley. 2008. “Using Non-Probability Sampling Methods in Agricultural and Extension Education Research.” Journal of International Agricultural and Extension Education 15 (2): 5. https://doi.org/10.5191/jiaee.2019.26105

Rahmawati, Rena. 2014. “Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Makanan).” Teknobuga 1 (1): 66–79. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/6404

Raj, Manav, Arun Sundararajan, and Calum You. 2020. “COVID-19 and Digital Resilience: Evidence from Uber Eats.” SSRN Electronic Journal, 1–26. https://doi.org/10.2139/ssrn.3625638

Ramadhani, Syahri, and Wahyu A. Kusuma. 2018. “PIECES Framework Untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Dan Kepentingan Sistem Informasi.” Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika 4 (2). https://doi.org/10.26905/jtmi.v4i2.2101

Saleh, Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Saptari, Ari, and Mochamad Ari Saptari. 2017. “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES” 6 (September): 39–47.

Sari, Silvia Dinan, and Anas Zaini. 2020. “Kesempatan Kerja Dan Pendapatan Pelaku Pemasaran Agribisnis Online Di Kota Mataram” 21 (2): 81–91.

Severson, Kim and Yaffe-Bellany. 2020. Independent Restaurants Barace For The Unknown.https://www.nytimes.com/2020/03/20/dining/localrestaurants-coronavirus.html

Sugiyono. 2017. Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suprayitno, Dila Seltika Canta, and Adi Hermawansyah. 2021. “Analisis PIECES Framework Terhadap Kepuasan Mitra Go-Food Dalam Penggunaan Aplikasi Go-Biz Kota Balikpapan.” 19–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: