Peran Modal Sosial Terhadap Produktivitas Petani Jambu Merah Di Desa Watuagung Kabupaten Semarang

Efa Zuwandasari, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis modal sosial yang dimiliki petani jambu merah di Desa Watuagung yang dilihat dari komponen modal sosial kepercayaan, norma, jaringan. (2) Mengetahui perbandingan modal sosial petani jambu merah lahan sempit, sedang, dan luas di Desa Watuagung. (3) Mengetahui peran modal sosial petani terhadap produktivitas petani jambu merah di Desa Watuagung. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2020-November 2020 di Desa Watuagung Kabupaten Semarang. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif komparatif untuk membandingkan peran modal sosial terhadap produktivitas petani jambu merah pada petani lahan sempit, sedang, dan luas. Unit yang diamati adalah peran modal sosial kepercayaan, norma dan jaringan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Modal sosial kepercayaan, norma, dan jaringan dimiliki oleh petani jambu merah di Desa Watuagung. Modal sosial sosial kepercayaan dan norma yang dimiliki petani jambu merah lahan sempit, sedang, dan luas adalah sama. Perbedaanya adalah jaringan petani lahan sempit lebih sedikit sedangkan petani lahan sedang dan luas lebih banyak. Petani lahan sempit memiliki modal sosial yang rendah. Petani lahan sedang dan luas memiliki modal sosial tinggi. Peran modal sosial terhadap produktivitas petani jambu merah di Desa Watuagung adalah semakin tinggi modal sosial yang dimiliki petani maka produktivitasnya semakin tinggi.

Keywords


Jambu Merah, Modal Sosial, Produktivitas, Usahatani

References


Alfiasari, A. Hadi Darmawan, and D. Martianto. 2009. “Modal Sosial Dan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Miskin Di Kecamatan Tanah Sareal Dan Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.” Jurnal Sosiologi Pedesaan 3 (1): 126–52.

BPS. 2019. “Jumlah Tanaman Yang Menghasilkan Dan Produksi Buah Sayur Tahunan (BST).” https://jateng.bps.go.id/statictable/2019/10/16/1765/jumlah-tanaman-yang-menghasilkan-dan-produksi-buah-sayur-tahunan-bst-menurut-kabupaten-kota-di-jawa-tengah-2017.html.

Field, John. 2010. Modal Sosial. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Fukuyama, Francis. 2002. The Great Disruption. Yogyakarta: Qalam.

Hamsah. 2017. Modal Sosial Dalam Makassar Tidak Rantasa. Makassar: MIB.

Harahap, Mailina, and Surna Herman. 2018. “Hubungan Modal Sosial Dengan Produktivitas Petani Sayur (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Barokah Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan).” Jurnal Agrium 21 (2): 157–65.

Joo, Baek Kyo, and Taejo Lim. 2009. “The Effect of Organizational Learning Culture, Perceived Job Complexity, and Proactive Personality on Organizational Commitment and Intrinsic Motivation.” Journal of Leadership & Organizational Studies 16 (1): 48–60.

Kemenkes. 2017. “GERMAS - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.” http://promkes.kemkes.go.id/germas.

Lawang, R. 2005. Kapital Sosial Dalam Perspektif Sosiologik. Depok: FISIP UI.

Miles, M. B., and A. M. Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sinungan, Muchdarsyah. 2018. Produktivitas: Apa Dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Supono, Boedyo. 2011. “Peranan Modal Sosial Dalam Implementasi Manajemen Dan Bisnis.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 11 (1): 10–16.

Wulandari, Indah, Mahendra Wijaya, and Ahmad Zuber. 2018. “Peranan Modal Sosial Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerjapeternak (Studi Kasus Pada Peternak Ayam Broiler Pola Kemitraan Di Desa Maliran Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar).” Jurnal Analisa Sosiologi 7 (110–126).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: