Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kopi Suka Sangrai Di Kelurahan Suka Asih Kota Bandung

Hasbi Salman Elli, Pandi Pardian, Nur Syamsiyah

Abstract


Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang sangat populer dan mendunia. Seiring berjalannya waktu, kopi semakin banyak dikenal dan dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Konsumsi komoditas kopi diproyeksikan akan terus meningkat dari tahun 2016 hingga tahun 2020 mendatang. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan kedai-kedai kopi yang tersebar di daerah perkotaan khususnya di kota Bandung. Kenaikan jumlah kedai kopi ini menjadi peluang bagi pelaku bisnis kopi, salah satunya yaitu perusahaan prosesor atau roastery. Perusahaan ini memiliki hubungan langsung dengan kedai-kedai kopi untuk menyuplai biji kopi. UMKM Suka Sangrai merupakan salah satu perusahaan pengolahan pasca panen bagian roastery namun saat ini UMKM Suka Sangrai mengalami penurunan output dan kehilangan penjualan. Munculnya usaha senjenis membuat UMKM Suka Sangrai harus dapat berkembang dan terus berinovasi sehingga dapat bertahan dan bersaing. Desain pada penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan teknik penelitiannya studi kasus. Analisis yang digunakan yaitu matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSP. Matriks IFE dan EFE menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kondisi lingkungan internal sedang dan lingkungan eksternal sedang. Matriks IE menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi tahan dan pertahankan. Strategi alternatif yang dirumuskan dari hasil matriks SWOT dan QSP dengan prioritas pertama adalah melakukan diversifikasi produk dengan membuat produk kemasan-kemasan kecil siap seduh dilengkapi dengan tata cara menyajian untuk meningkatkan potensi penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas. 


Keywords


Kopi, Penyangraian Kopi, Strategi Pengembangan

References


David, Fred. 2006. Manajemen Strategi. Jakarta : Salemba Empat.

Halik, Abdul, Sri Budi Kasiyati, Endah Budiarti dan Ratnaningsih. 2015. Pengembangan Usaha Warung Kopi Di Desa Bungah dan Desa Lasem, Kabupaten Gresik. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya Vol. 1, No. 02, hal 97-104.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Erlangga.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2020. Konsumsi Kopi di Indonesia Tahun 2016-2020. Dalam web : www.pertanian.go.id. Diakses tanggal 6 Februari 2021.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2020. Produksi Kopi Menurut Provinsi di Indonesia 2016-2020. Dalam web : www.pertanian.go.id. Diakses tanggal 6 Februari 2021.

Pardian, Pandi, Dhany Esperanza, and Eliana Wulandari. 2012. “Strategi Pengembangan Usaha Oncom Terhadap Tenaga Kerja Pedesaan Guna Penguatan Ketahanan Pangan Dan Kesejahteraan Masyarakat.” Sosiohumaniora 14(1):38.

Pardian, Pandi Hapsari, Hepi Sukayat, Yayat. Stevia Development Strategy in the Village of Mekarsari Sub District Cikajang District Garut West Java Province. 2021. E3S Web of Conferences vol 249 (1-4)

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: