Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Di Kalimera Coffee Bar Salatiga

Janeffer Faurence Tarehy, Bayu Nuswantara

Abstract


Konsumsi kopi yang terus meningkat setiap tahunnya telah menjadi suatu trend yang baru bagi masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat telah menganggap bahwa mengonsumsi kopi tidak lagi sekedar sebagai minuman pelengkap saja namun menjadikan kopi sebagai minuman pokok sehari-hari khususnya bagi masyarakat yang telah kencanduan mengonsumsi minuman ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, menganalisis indeks kepuasan konsumen, dan dan menganalisis atribut-atribut produk kopi yang dianggap penting oleh konsumen. Penelitian dilakukan di Kalimera Coffee Bar Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan jumlah sampel ditetapkan sebanyak 40 responden. Penelitian ini menggunakan 8 atribut produk, yaitu rasa, varian rasa, aroma, ukuran/ volume isi, tampilan fisik, kualitas pelayanan, kenyamanan tempat dan harga produk. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner yang diisi secara online, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance and Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen usia 16 sampai dengan 40 tahun, berstatus belum menikah dengan tingkat pendidikan SMA dan Diploma/ Sarjana (S1, S2, S3), didominasi oleh pelajar dan mahasiswa, dan sisanya bekerja sebagai pegawai swasta, PNS/ ABRI, wiraswasta dan freelancer, memiliki pendapatan per bulan mulai dari dibawah 2,5 juta rupiah sampai diatas 5 juta rupiah. Indeks kepuasan konsumen yang di peroleh berada pada klasifikasi sangat puas dengan persentase 87,39 persen. Atribut produk yang perlu dipertahankan adalah rasa, kualitas pelayanan dan kenyamanan tempat.

Keywords


perilaku konsumen, kopi, customer satisfaction index, importance and performance analysis

References


Kotler, p., dan A. B. Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Kurniawan, A. 2017. Perilaku Konsumtif Remaja Penikmar Warung Kopi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kurniawan, A., dan Sidiq, S. S. 2016. Penerapan Personal Hygiene Pada Karyawan Food and Beverage Service Hotel Aryaduta Pekanbaru. (Doctoral dissertation, Riau University).

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. 2016. Outlook Kopi. http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/. Diunduh 23 Oktober 2020.

Raharjo, P. 2012. Kopi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Santoso, S. 2018. Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: