Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Bale Hidroponik Salatiga

Thesya Anggreani Tinambo, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Bale Hidroponik merupakan usaha yang memproduksi sayur-sayuran segar yang diproduksi sendiri dengan sistem hidroponik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian sayuran hidroponik dan mengetahui hubungan antara faktor umur, tingkat pendidikan, pendapatan dan pengetahuan dengan keputusan pembelian sayuran merek Bale Hidroponik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan metode observasi dengan wawancara melalui panduan kuesioner sedangkan data sekunder digunakan sebagi penguat data primer diperoleh dari pihak Bale Hidroponik atau lembaga yang terkait. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik biner, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 55 responden yang diambil menggunakan metode Accidental Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: faktor umur memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian sayuran merek Bale Hidroponik. Sedangkan faktor tingkat pendidikan, pendapatan dan pengetahuan tidak memiliki hubungan signifikan dengan keputusan pembelian sayuran merek Bale Hidroponik

Keywords


Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen, Bale Hidroponik Salatiga

References


Anonimous. 2016. Pertanian Organis VSHidroponik.(http://www.bbpplembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/550-pertanianorganik-vs-hidroponik). Diakses 13 Mei 2020.

Beverly, R. Sheila, R. Black and Steven, M. 2008. "Age‐related Changes in Creative Thinking." The Journal of Creative Behavior 42.1: 33-59.

Budiman, JA. 2014. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Madu Di Kota Blitar. Skripsi. Fakultas Peternakan.

Engel, JF. Roger, DB dan Paul, WM. 1994. Perilaku Konsumen Jilid I. Edisi Keenam. FX Bidiyanto, penerjemah. Binarupa Aksar: Jakarta.

Fazrina, R. Marsaulina, I dan Naria, E. 2013. The Correlation Of The Characteristics And The Knowledge Of Environmental Health With The Consumers Descision In Purchasing The Organic Vegetables At Carrefour Medan Fair Plaza In Year. Vol. 2 No. 3.

Gurajati, D. 2012. Dasar-dasar Ekonometrika Edisi ke-3. Jakarta: Erlangga

Ishfihana, R dan Gema, WM. 2020. FACTORS AFFECTING DECISION BUYING OF VEGETABLES AND FRUITS ON ONLINE RETAIL. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Vol. 6 N.o 1: 275-289

Kotler, P dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. (Bob Sabran). Erlangga: Jakarta

Laitety, M. Leunard, K dan Maisie, T. 2018. Werwawan Community Food Consumption Pattern In District Lakor Southwest Maluku Regency. AGRILAN: Jurnal Agribisnis Kepulauan. Vol. 6 No.3. Oktober 2018.

Muhibbin. 2002. Tingkat Pendidikan Individu Merupakan Salah Satu Aspek Yang Terlibat Dalam Suatu pengambilan keputusan. Rajawali Press: Jakarta.

Roidah, IS. 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung Bonoromo. Vol 1 No. 2: 43-50.

Simamora, B. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen (3 ed.). (Sukoco, Ed.): PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Suwandi. 2009. Menakar Kebutuhan Hara Tanaman Dalam Pengembangan Inovasi Budidaya Sayuran Berkelanjutan. Pengembangan Inovasi Pertanian. Vol. 2 No. 2: 131-147.

Tilaar, HAR. 2002. Manajemen Pendidikan Nasional. Remaja Rosda Karya: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: