Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pempek (Studi Kasus Pempek Cindo Kudus)

Octavian Adhi Wicaksono, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Pempek Cindo adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner dengan produk pempek yang terletak di Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan cara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa pempek cindo adalah usaha penjualan dengan memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, antara lain : harga, promosi, tempat, kualitas produk, dan gaya hidup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengamatan pada faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian pempek di pempek cindo. Tujuan Penelitian : (1) mengidentifikasi proses pengambilan keputusan pembelian produk makanan di Pempek Cindo. (2) menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan di Pempek Cindo.  Hasil penelitian menunjukkan harga seperti harga yang murah, harga yang terjangkau dan harga yang sesuai dengan kualitas. Berdasarkan promosi karena konsumen melihat adanya promo, brosur, baner, promosi melalui sosial media seperti facebook dan WA. Berdasarkan tempat karena adalah bersih, penataan meja kursi yang rapi, warna dari cat tembok yang menarik, tempat mudah dijangkau, parkir untuk kendaraan konsumen yang cukup luas, menyediakan tempat cuci tangan, namun ada yang hal yang kurang dari pendapat narasumber mengenai tempat yaitu tempat yang kurang luas. Berdasarkan kualitas produk karena rasa yang enak, higenis, porsi yang cukup banyak. Sedangkan berdasarkan gaya hidup karena selera, hobi makan pempek, bisa untuk tempat ngobrol dengan teman kantor dan menyesuaikan dengan isi kantong.  

Keywords


Keputusan Pembelian, Harga, Promosi, Tempat, Kualitas Produk.

References


Iswayanti, Ika Putri. 2010. “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Rumah Makan ‘Soto Angkring Mas Boed’ Di Semarang).” Universitas Diponegoro Semarang: 1–63. http://eprints.undip.ac.id/23470/ diakses tanggal 25 juni 2020.

Kotler, P dan Amstrong, G. 2008. Manajemen Pemasaran. 1st ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Pfoertsch, W. 2010. Ingredient Branding: Making the Invisible Visible. Springer Science & Business Media.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2009. Dasar-Dasar Pemasaran. Bandung: Indeks.

Kristian, D., and R. Widayanti. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana.” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida 16(1): 97301.

Lestari, Widya Sela, and Abdul Yusuf. 2019. “Pengaruh Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang.” Jurnal Ekonomi Manajemen 5(2): 1–8.

Nasution, Nur. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Njoto, Dea Putri ., and Krismi Budi Sienatra. 2018. “PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN WENAK TOK.” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 3.

Pembangunan, Jurnal Komunikasi. 2010. “Peran Komunikasi Dalam Modernisasi Pertanian Berbasis Koperasi.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 8(1): 246271.

Peter, Paul J., and dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jilid 2. Edisi 4. jakarta: Erlangga.

Philip, Kotler. 2011. Manajemen Pemasaran Di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2012. CV. Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. Bandung.

Wijaya, D Nata, Sunarti, and Edriana Pangestuti. 2018. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Starbucks, Kota Malang).” Administrasi Bisnis 55(2): 75–83.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: