Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Varietas Tanjung

Aceng Romli Saputra, Iwan Setiawan, Budi Setia

Abstract


Tujuan penelitian untuk menganalisis : (1) Saluran pemasaran pada cabai merah varietas Tanjung, (2) Besaran Biaya, marjin serta keuntungan pemasaran pada cabai merah varietas Tanjung, (3) Besaran bagian harga yang diterima produsen cabai merah varietas Tanjung, dan (4) Efisiensi pemasaran cabai merah varietas Tanjung. Penelitian yang didesain secara kuantitatif dengan menggunakan metode survei ini dilakukan di Desa Maparah Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis pada bulan Mei-Julli tahun 2021. Sebanyak 36 petani diambil dengan acak sederhana (simple random sampling) dari 180 orang populasi petani. Untul lembaga pemasaran diambil secara sengaja menggunakan snowball sampling sehingga didapat sampel lembaga pemasaran 1 responden pedagang besar dan 10 pengecer. Untuk penelitiannya menghasilkan : (1) Cabai merah Tanjung memiliki satu saluran pemasaran, yang rantainya dimulai dari   Petani ke Pedagang besar lalu ke Pedagang pengecer dan ke Konsumen,  (2) Biaya pemasaranya Rp. 1.096,17, Marjin pemasarannya Rp. 12.000/Kg serta pemasaran memiliki keuntungan Rp. 11.403,83/Kg, (3) Untuk farmen sharenya sebesar 50,00 persen; dan (4) Tingkat efisiensi pemasaran sebesar 4,38 persen.

Keywords


Kata kunci :biaya, pemasaran, efisiensi, cabai merah varietas Tanjung

References


Angipora. 2010. Dasar-dasar Pemasaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Asrianti, E. 2014. Analisis Pemasaran Usahatani Cabai Merah Kriting di Desa Maku Kecamatan Dolo Kabupaten sigi. e-j. Agrotekbis, 2(6): 660-666.

Departemen Pertanian. 2007. Prospek Pengembangan Agribisnis Cabai Merah. http://www.litbang.deptan.go.id. Diakses 28 Maret 2021.

Hanafiah, M. Dan A. Saefuddin. 2006. Tataniaga Hasil Perikanan. Indonesia Universitas Press, Jakarta.

Iqbal, M. dan Sudaryanto, T. 2008. Tangung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) dalam Prespektif Kebijakan Pembangunan Pertanian. Analisis Kebijakan Pertanian, 6(2) : 155-173

Istiyanti. 2010, Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Keriting di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman, Jurnal Pertanian MAPETA, ISSN: Tidak Dipublikasikan, Yokyakarta.

Kementerian Pertanian. 2014. Prospek dan Arah Pengembangan Pangan. Jakarta

Kohls, R.L. and Uhl J.N. 2002. Marketing of Agicultural Products. Ninth Edition. Macmillan Company. New York.

Rum, M. 2011. Analisis Marjin Pemasaran dan Sensitifitas Cabai Besar di Kabupaten Malang. Embryo, 8(2): 133-141.

Soekartawi 2003. Teori Ekonomi Produksi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soetiarso, TA, Setiawati, W & Mussadad, D 2011. Keragaan pertumbuhan, kualitas buah dan kelayakan finansial dua varietas cabai merah. J. Hort., vol. 21, no. 1, hlm. 77-88.

Widodo, 1997. Memperpanjang umur produktif Cabai. Trubus Agrisarana. Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: