Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usaha Kicimpring “Samisuka” Di Desa Cibongas Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya

Fitri Yani, Trisna Insan Noor, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Kicimpring merupakan olahan makanan ringan yang mana bahan bakunya sendiri terbuat dari singkong/ubi kayu, makanan ringan ini sering kali dikatakan salah satu produk olahan dari tanah Sunda. Diharapkan adanya agroindustri ini dapat sedikit mengurangi pengangguran serta memperluas akan lapangan pekererjaan, serta memiliki nilai tambah juga nilai ekonomi tinggi, sehingga perusahaan kicimpring “Samisuka” ini mampu meningkatkan keuntungannya. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui: (1) Pendapatan kicimpring “Samisuka” di Desa Cibongas Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya, (2) Besarnya nilai R/C agroindustri kicimpring “Samisuka” di Desa Cibongas Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakannya adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus yang berlokasi di Desa Cibongas kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan salah satu pertimbangannya bahwa di Desa Cibongas yang memproduksi kicimpring dengan bahan baku singkong adalah Bapak Enung Suhendi dan satu-satunya perusahan yang telah memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dengan Nomor NIB:0248011022243. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pendapatan yang diperoleh usaha kicimpring “Samisuka” adalah sebesar Rp 360.811,69 untuk satu kali produksinya, (2) Kelayakan nilai R/C pada agroindustri kicimpring “Samisuka adalah 1,48.  

Keywords


Pendapatan, R/C, agroindustri

References


Wargiono, J. 2007. Sekenario Pengembangan Ubi Kayu Mendukung Program Penyediaan Bahan Baku Biofuel. Risalah Seminar 2006 Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Puslitbangtan Bogor Hal 1-14, Bogor.

Kusumawardani, Fenny. 2009. Optimalisasi Output dan Nilai Tambah Agroindustri Belimbing Manis sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Studi Kasus di Perusahaan Cemara Sari Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota madya Blitar. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Arief Furchan, Pengantar Metoda Penelitian Kualitatif, (Surabaya: Usaha Nasional, 1992), hal 21.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor:

Ghalia Indonesia.Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratiyah, K. 2006. Ilmu Usahatani.Jakarta: Penebar Swadaya.

Rodjak, A. 2006. Manajemen Usahatani. Bandung: Pustaka Giratuna.

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : STIE YPKPN




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: