Analisis Rentabilitas Dan Penyerapan Tenaga Kerja Pada Agroindustri Keripik Pakseng Di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis

Jeni Jeni, Dini Rochdiani, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Agroindustri keripik pakseng merupakan industri pengolahan pangan yang menggunakan ubi kayu sebagai bahan baku utamanya. Tujuan dari pengolahan ubi kayu menjadi keripik pakseng ini adalah untuk memberikan nilai tambah dan juga meningkatkan pendapatan sekaligus harga jual pada ubi kayu itu sendiri. Terdapat 14 agriondustri keripik pakseng di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, sehingga perhitungan biaya dan juga kelayakan usaha perlu untuk diketahui, agar usaha tersebut dapat berkelanajutan dan juga memberikan manfaat ke pada pemilik agroindustri. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengetahui; (1). Besarnya biaya, penerimaan, pendapatan, dan kelayakan atau R/C. (2).  Rentabilitas dan (3). Jumlah tenaga kerja yang terserap pada agroindustr tersebut.  Penelitian ini merupakan studi kasus pada agroindustri keripik pakseng yang ada di Desa Werasari dengan dengan teknik penarikan sampel yaitu sampel jenuh. Dari hasil analisis data yang dilakukan maka dapat di peroleh hasil penelitian sebagai berikut : (1). Biaya total yang di keluarkan sebesar Rp.730.357,75 dengan penerimaan Rp. 916.795,92 dan pendapatan Rp. 186.438,17 sehingga R/C yang di peroleh 1,26. (2). Rentabilitas sebesar 25,53% dari modal yang digunakan. (3). Jumlah tenaga kerja yang terserap 77 orang atau 1,26% dari 4.660 usia kerja di Desa Werasari.


Keywords


Keripik pakseng, rentabilitas, tenaga kerja

References


Abdul Aziz SR, 2003, Menyusun Rancangan Penelitian Kualitatif dalam Analisis data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Oktaningrum dkk, 2013. Analisis Kelayakan Ekonomis Substitusi Tepung Lokal Pada Pembuatan Keripik Daun Singkong. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah.

Riyanto, B. 2010. Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan. BPFE. Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprapto. 2008. Karakteristik Penerapan dan Pengembangan Agroindustri Hasil Pertanian di Indonesia. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatan edisi revisi. Jakarta : Penebar Swadaya. 156 Hal.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i3.6038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: