STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Margi Mulyo di Desa Adimulya Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap)

Erpan Hermawan, Soetoro Soetoro, Tito Hardiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apa saja faktor internal dan eksternal pemasaran yang dihadapi oleh usaha jamur tiram Margi Mulyo, (2) strategi pemasaran apa saja yang dapat diterapkan oleh usaha jamur tiram Margi Mulyo, (3) Strategi pemasaran alternatif mana yang diprioritaskan oleh Margi Mulyo dalam kaitannya dengan aspek pemasaran sehingga dapat mengembangkan kegiatan usaha jamur tiram tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa observasi, kuesioner, wawancara dan diskusi, sedangkan data sekunder dilakukan melalui studi pustaka. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan konsep manajemen strategi melalui analisis tiga tahap perumusan strategi, yaitu tahap pemasukan, tahap pemaduan dan tahap pengambilan keputusan. Alat bantu analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi tersebut adalah matriks IFE dan EFE padatahap pemasukan, matriks IE dan SWOT pada tahap pemaduan dan pada tahap pengambilan keputusan menggunakan matriks QSP.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal dan eksternal pemasaran, faktor-faktor lingkungan internal pemasaran jamur tiram Margi Mulyo yaitu: (1) kualitas produk baik, (2) bahan baku tidak terbatas, (3) harga jual terjangkau, (4) produk tidak menggunakan bahan kimia, (5) lokasi produksi strategis, (6) mudah diserang hama sciarid (lalat jamur), (7) daya simpan pasca panen tidak tahan lama, (8) kapasitas produksi belum maksimal, (9) terbatasnyamodal, (10) proses produksi belum menggunakan teknologi, sedangkan faktor-faktor lingkungan eksternal pemasaran jamur tiram Margi Mulyo yaitu: (1) trend gaya hidup sehat secara vegetarian, (2) permintaan pelanggan meningkat, (3) teknologi semakin berkembang, (4) jamur tiram dapat diolah menjadi produk turunan, (5) limbah baglog merupakan salah satu bahan baku utama pupuk bokhasi, (6) adanya pesaing dari produk sejenis, (7) kenaikan biayabahan baku, (8) kondisi iklim dan cuaca yang tidak menentu, (9) jenis penyakit jamur tiram semakin meningkat, (10) naiknya biaya distribusi.2. Hasil perumusan strategi pemasaran berdasarkan Matriks IE, perusahaan Margi Mulyo berada pada sel II (posisi growth strategy) yang merupakan pertumbuhan perusahaan itu sendiri. Implikasi strategi yang paling sesuai diterapkan adalah strategi intensif, yaitu dengan melakukan penetrasi pasar. Sedangkan dari hasil matriks SWOT, diperoleh enam alternatif strategi, yaitu: (1) menjaga dan meningkatkan kualitas produk, (2) meningkatkan nilai tambahdengan melakukan pengolahan produk sisa dan pemanfaatan limbah baglog dari hasil produksi, (3) memaksimalkan produksi guna meningkatkan pangsa pasar, (4) pemanfaatan teknologi dalam proses produksi yang semakin berkembang, (5) menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan pemasok bahan baku dan konsumen, dan (6) menjalin kerjasama dengan pemerintah (Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap). 3. Berdasarkan Matriks QSP, urutan prioritas alternatif strategi tersebut adalah: (1) menjaga dan meningkatkan kualitas produk, (2) Meningkatkan nilai tambah dengan melakukan pengolahanproduk sisa dan pemanfaatan limbah baglog dari hasil produksi, (3) pemanfaatan teknologi dalam proses produksi yang semakin berkembang, (4) memaksimalkan produksi guna meningkatkan pangsa pasar, (5) menjalin kerjasama dengan pemerintah (Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap), dan (6) menjaga dan meningkatkan hubungan baik denganpemasok bahan baku dan konsumen.Kata Kunci: jamur tiram, Kabupaten Cilacap, strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Budasih, NL. Ambarawati, IGAA. dan Astiti, S. NW. 2014. Strategi Pemasaran Produk Olahan Jamur Tiram pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Spora Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis. Program Studi Magister Agribisnis. Program Pascasarjana Universitas Udayana. Bali

David, RF. 2009. Manajemen Strategis: Konsep, Edisi 12. Salemba Empat.

Jakarta

Pasaribu, T. Permana, DR. dan Alda, ER. 2002. Aneka Jamur Unggulan Yang Menembus Pasar. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta

Soenanto, H. 2000. Jamur Tiram Budidaya dan Peluang Usaha. Aneka Ilmu. Semarang

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v3i3.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: