STUDI STRATEGI PEMASARAN TERBAIK BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR KEDAI KOPI DI JATINANGOR

Sintia Afriyanti, Elly Rasmikayati

Abstract


Semakin banyaknya kedai kopi menimbulkan persaingan antar pelaku usaha kedai kopi. Hal ini menyebabkan terjadinya fluktuasi penjualan di kedai kopi itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di Belike Coffee dan Balad Coffee Works, Jatinangor. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran berdasarkan perilaku konsumen di kedua kedai kopi tersebut. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode analisis yang digunakan adalah statistik
deskriptif dengan sampel sebanyak 50 orang pada Belike Coffee dan 60 orang pada Balad Coffee Works. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa konsumen yang datang rata-rata adalah laki-laki berstatus mahasiswa/i. Manfaat yang dicari dengan berkunjung ke Belike Coffee adalah untuk rasa yang enak/nikmat, sedangkan manfaat yang dicari dengan berkunjung ke Balad
Coffee Works adalah untuk menikmati suasana yang ditawarkan. Konsumen merasa puas dan akan berkunjung kembali ke kedai kopi pilihannya, namun konsumen akan mencari kedai kopi lain apabila kondisinya sedang penuh. Apabila terjadi kenaikan harga, konsumen Belike Coffee akan mengurangi frekuensi pembelian selanjutnya, sedangkan konsumen Balad Coffee Works tetap
akan membeli. Potensi yang dimiliki Belike Coffee adalah jenis biji kopi yang berasal dari nusantara terutama Jawa Barat dan didapat langsung dari petani. Sedangkan potensi Balad Coffee Works adalah jenis biji kopi yang berasal dari seluruh nusantara bahkan luar negeri. Kendala yang dimiliki dalam menjalankan usaha diakibatkan oleh pesaing yaitu terjadinya fluktuasi penjualan. Strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan omzet di kedua kedai kopi adalah strategi produk, harga, lokasi, dan promosi.


Kata kunci: kedai kopi, strategi pemasaran, perilaku konsumen


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa.

Bandung: CV. Alfabeta. Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia. Jakarta.

Diakses pada www.aeki-aice.org. (diakses pada Januari 2017)

Atkinson, A.A., Robert S. Kaplan (1998). Edisi 3. Advance Management Accounting. New Jersey: Prentice- Hall, Inc. Badan Pusat Statistik. www.bps.go.id. Diakses pada Januari 2017.

Broto M.P. 2011. Manajemen Strategi Pemasaran. Jurnal Hospitour, Vol II,

No.1:71-82, April. Bungin, Burhan, 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu- Ilmu

Sosial Lainnya, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Jakarta: Prenada Media.

Cahyono, Bambang Tri. 1993. Strategi Pemasaran Untuk Berbagai tahap.

Jurnal Magister Manajemen, No.6 Tahun III.

Cousins, J., Foskett, D., & Gillespie, C. 2002. Food and Beverage Management. Damanik,

Anita Magdalena. 2008. Analisis Sikap dan Preferensi Konsumen terhadap

Coffee Shop De Koffie – Pot Bogor. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis.Jakarta: PT. Indeks kelompok Gramedia. David L. Louden and Albert J.Della

Bitta.1984. Consumer Behavior : Concept and Applications. The United

States of America : ByMcGraw Hill.Inc

Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional.Jakarta.

Dharmmesta BS, Handoko TH. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Ed ke-1. Cet ke-4. Yogyakarta (ID): BPFE Yogyakarta.

Dicum, G., Nina Luttinger. 1999. The Coffee Book: Anatomy of an Industry from Crop to the Last Drop. New Press. New York.

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2014. Statistik Perkebunan Indonesia: Kopi 2013-2015. Kementerian Pertanian. Jakarta.

ED. 2014. Mengenal Jenis-jenis Kopi. Riau:Sekertariat Badan Koordinasi

Penyuluhan Provinsi Riau.

Engel, James F, et.al, 1994, Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Jakarta: Binarupa Aksara.

Engel, J.F., Blackwell, R.D. & P.W. Miniard.1995. Perilaku Konsumen.

Edisi Keenam. Jilid 1 & 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Euromonitor. 2012. Consumer Foodservice – Indonesia. Food and Agriculture Organization of United Nation (FAO).

www.faostat.fao.org. Diakses pada Februari 2017.Gerald Zaltman and Melanie Wallendorf. 1979. Consumer Behavior : Basic Findings and Management Implications. The United States of America : By John Willey and Sons Inc.

Gunadi. 2004. Aplikasi Theory Of Constraints pada Perusahaan Pengiriman (Studi Kasus PT Nusa Cargo). Jurnal Ekonomi Sekolah Tinggi

Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

Indrawan, Rully. Poppy, Yuniawati. 2014. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Indriani. 2006. Buku Favorit ala Cafe. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Liang, Wen Ko. Rou-An, Wu. 2012. Analysis of Coffee Shop Market - A Case Study of UK. Departemen Bisnis Internasional Universitas Taiwan Selatan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Online. http://kamusbahasaindonesia. org/ diakses Febuari 2017.

Kartasapoetra. 1987. Potensi dan Sumber Daya. Jakarta: Erlangga.

Khaniwale, Manali. 2015. Consumer Buying Behavior. University of Bridgeport, Bridgeport, CT, USA.

Kotler, Philip. 1990. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan dan

Pengendalian, Cetakan ke 5, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip.1997, Marketing Management: Analysis, Planning Implementation, and Control,9thed, Englewood Cliffs,N.J : Prentice Hall

International,Inc.

Kotler, Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran 1, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin L., Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Terjemahan: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Indonesia: Penerbit Erlangga.

Listyari, N.P.W. 2006. Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Coffee shop De Koffie Pot, Bogor. Jurusan Ilmuilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Mahfoedz, M. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Majdi, Udo Yamin Efendi. 2007. Quranic Quotient. Jakarta: Qultum Media. Malholtra.

Riset Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mowen, D dan John C. 1990. Consumer Behavior, Newyork: Macmillan

Publishing Company.

Nazir, M. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Panggabean, Eddy. 2011. Buku Pintar Kopi. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Prastowo, B. dkk. 2010. Budidaya dan Pasca Panen Kopi. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan.

Pusdatin Kementan. 2015. Outlook Kopi. Jakarta: Pusat Data dan Sistem

Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal - Kementerian Pertanian.

Rahardjo, Pudji. 2012. Kopi Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika Dan Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.

Raharjo, Adith. 2008. 5 Rahasia Sukses Bisnis Restoran. Penebar Plus,

Jakarta.

Rambat L. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta:

PT. Salemba Emban Patria. Rambat L., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Samsura, Doddy. 2012. Ngopi ala Barista. Jakarta : Penebar Plus+.

Santoso dan Tjiptono. 2004. Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta:

PT Elex Media Komputindo. Saraswati, 2009, Pemberdayaan Kesehatan

Anak dan Keluarga, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Satria. Adi, 2014, Warung Kopi : Gaya Hidup atau?, Diakses dari

www.kompasiana.com (diakses pada Mei 2017)

Simamora, Bilson. (2008). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soekresno. 2002. Manajemen Food & Beverage Service Hotel. Jakarta:

PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2004). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi. Undang-undang Perlindungan Konsumen. http://www.unstrat.ac.id/hukum/uu/uu_8_99.html. Diakses pada Februari 2017.

Umar. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen Jakarta. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama dengan Jakarta Business Research Center.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta : PT SUN Umar, Sekaran. 2000. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi Keempat. Penerjemah: Kwan Men Yon. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Wiyono, Slamet. 2006. Managemen Potensi Diri. Jakarta: PT Grasindo.

Yuliandri, Mustika Treisna. 2015. Jenis-Jenis Kopi Nusantara. Diakses pada majalah.ottencoffee.co.id (diakses pada Desember 2016).

Yuliandri, Mustika Treisna. 2015. Evolusi Kedai Kopi. Diakses pada

majalah.ottencoffee.co.id (diakses pada Febuari 2017).

Yuliandri, Mustika Treisna. 2015. Apa Perbedaan Manual Brew dengan

Espresso?. Diakses pada majalah.ottencoffee.co.id (diakses pada Febuari 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v3i3.818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@unigal.ac.id; agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Imliah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: