ANALISIS PENGGUNAAN MODEL E-CRM PADA PERUSAHAAN SMARTFREN KOTA TASIKMALAYA (Suatu Studi Pada Distributor Smartfren Utama Jaya Cellular Kota Tasikmalaya)

Hani Murdiati, Nana Darna, Kasman Kasman

Abstract


Permasalahan utama yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu adanya keluhan konsumen yang disampaikan secara langsung kepada outlet dan salesman yang berada dilapangan dan hal itu dirasa kurang efektif karena perusahaan akan lambat mendapatkan informasi yang dibutuhkan konsumen dan konsumen pun akan lambat mendapatkan respon dari perusahaan. Berdasarkan permasalahan tersebut terdapat dua rumusan masalah yaitu : 1). Bagaimana Penerapan E-CRM Pada Perusahaan PT. Smartfren Telecom Tbk Kota Tasikmalaya ?; 2). Bagaimana Hambatan,Respon Konsumen dan Manfaat E-CRM Bagi Perusahaan PT. Smartfren Telecom Tbk Kota Tasikmalaya ?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan E-CRM pada perusahaan PT. Smartfren Telecom Tbk Kota Tasikmalaya; 2). Untukmengetahui hambatan, respon konsumen dan manfaat E-CRM bagi perusahaan PT. Smartfren Telecom Tbk Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode kualitatif dengan teknik purposive sampling dan triangulasi dengan empat pengujian yaitu uji verifikasi, uji validasi / compatibility, uji prototype dan uji usability. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa sistem E-CRM yang dibuat oleh PT. Smartfren TelecomTbk yang berupa aplikasi Mysmartfren sudah sangat baik dengan mendapatkan respon “Sangat Puas” yang memiliki nilai rata-rata 80,6 atau dibulatkan 81. Serta sistem yang dibuat sudah sesuai dengan keinginan pelanggan dengan user interface yang baik. Sehingga pelanggan bisa dengan mudah menjalin komunikasi dengan perusahaan. Hambatan yang dihadapi terletak padakomunikasi yang belum optimal dari salesman. Manfaatnya perusahaan bisa mengidentivikasi, mensegmentasikan dan mengevaluasi pelanggan.Diharapkan PT. Smartfren Telecom Tbk bisa lebih meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan serta mampu menjaga kepercayaan yang telah diberikan pelanggan untuk hubungan jangka panjang yang lebih baik.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fransisca Andreani. Customer Relationship Managemen (CRM) dan

aplikasinya dalam industry mnufaktur dan jasa. Jurnal Manajemen

Pemasaran, voleme 2, No. 2, Oktober 2007:59-65.

Heru Sutejo, Harrizki Arie Pradana, Rosiyati M. H. Thamrin, Sariaty H. Y.

Bei.Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan melalui e-CRM terhadap

Pariwisata. Jurnal konverensi nasional system & informatika 2017,

STIMIK STIKOM Bali, 10 agustus 2017

http://digilib.unila.ac.id/15862/17/BAB%20II.pdf

Philip Kotler, Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, PT. Gelora

Aksara, Pratama.

Munawwir, 2018. Sistem Informasi Manajemen, Lembaga Kita.

Raisa Dian Burnirma, Aditya Wardhana. Jurnal ekonomi dan bisnis dharma

andalas. volume 19 No 1, Januari 2017.P-ISSN 1693-3273 E-ISSN

-3469

Rika Yunitarini, Budi, Heru, Implementasi Perangkat Lunak Electronic

Customer Relationship Management (E-CRM) dengan metode

Framework of Dynamic CRM,. Jurnal EECCIS Vol.6, No. 1, Juni

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian dan Pengembangan, cet ke-3, Bandung :

Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2004, Manajemen Jasa, Yogyakarta : Andi

Jurnal system informasi. Penerapan Customer Relationship Management

(CRM) berbasis web (studi kasus pada system informasi pemasaran di

Toko YEN-YEN). Volume 4, No 2, Oktober 2012 ISSN 2085-1588

Jurnal EECCIS. Implementasi Perangkat Lunak Elektronic Customer

Relationship Management (E-CRM) dengan Metode Framework of

Dynamic CRM. Volume 6, No 1, Juni 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.