PENGARUH CASH CONVERSION CYCLE TERHADAP CASH HOLDING (Studi pada PT Lippo Cikarang Tbk yang Terdaftar pada BEI Periode 2009-2018)

Anisa Faujiah, Nurdiana Mulyatini, Elin Herlina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pengelolaan kas pada PT Lippo Cikarang Tbk yang dapat dilihat dari data cash holding yang berfluktuasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cash conversion cycle dan cash holding pada PT Lippo Cikarang Tbk dan bagaimana pengaruh dari cash conversion cycle terhadap cash holding pada PT Lippo Cikarang Tbk yang terdaftar di BEI periode 2009-2018. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana, korelasi sederhana, koefisien determinasi dna uji t. hasil analisis dari penelitian  ini menunjukkan bahwa cash conversion cycle tidak berpengaruh signifikan terhadap cash holding pada PT Lippo Cikarang Tbk dengan hasil korelasi sebesar -0,0730 yang memiliki tingkat hubungan yang sangat rendah, dengan pengaruh sebesar 0,53% dan 99,47 % dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu berdasarkan uji t diketahui bahwa ttabel = 2,306 dan thitung = -0,2033 atau thitung < ttabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diharapkan perusahaan untuk mengurangi investasi di luar kas dan menjaga keberadaan modal kerja sehingga kegiatan operasional dapat berjalan dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Mokhamad. 2019. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Cetakan pertama Prenadamedia Group.

Faozani. 2019. Pengaruh Modal Kerja dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas pada PT. Kimia Farma Tbk. Skripsi pada Program Studi Manejemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh.

Maulana, M, B. 2018. Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas pada PT.PGN Tbk. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis.

Sugiono.2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandnung: Cetakan Keempat. Alfabeta

Prasentianto, Hanafi. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Cash Holding. Universitas Diponegoro Semarang.

William dan Fauzi, S. 2013. Analisis Pengaruh Growth Opportunity, Net Working Capital, dan Cash Conversion Cycle terhadap Cash Holding. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 1. No.2. Tahun 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.