PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (Studi pada Pegawai DISPARBUD Kabupaten Pangandaran)

Nendah Nendah, Nurdiana Mulyatini, Iyus Yustini

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Servant Leadership terhadap Komitmen Organisasi (Studi pada Pegawai DISPARBUD Kabupaten Pangandaran).Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana servant leadership pada DISPARBUD Kabupaten Pangandaran?; 2). Bagaimana komitmen organisasi pada DISPARBUD Kabupaten Pangandaran? ; 3). Bagaimana pengaruh servant leadership terhadap komitmen organisasi pada DISPARBUD Kabupaten Pangandaran?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Servant leadership pada DISPARBUD Kabupaten Pangandaran; 2). Komitmen organisasi pada DISPARBUD Kabupaten Pangandaran; 3). Pengaruh servant leadership terhadap komitmen organisasi pada DISPARBUD Kabupaten Pangandaran;Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Regresi Linear Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada DISPARBUD Kabupaten Pangandaran dengan besarnya pengaruh 57,76% dan sisanya 42,24% dipengaruhi faktor lain.Diharapkan DISPARBUD Kabupaten Pangandaran mempertahankan dan memperhatikan servant leadership sehingga akan meningkatkan komitmen organisasinya.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dumatubun, Nelly F.M Lucyani. 2018. Pengaruh Servant Leadership Terhadap Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan dan Komitmen Organisasi (Studi di Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Mappi-Papua. Tesis pada Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Tidak Tersedia.

Hamide dan Nikooparvar. 2012. Manajemen Kinerja Sektor Publik.UPP-AMP YKPM.Yogyakarta.

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan IX Jilid I. Yogyakarta: BFFE UGM.Hasibuan (2014

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

_______. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jati, Agung Nugroho. 2013. Kualitas Kehidupan Kerja dan Komitmen Organisasional: Hubungannya dengan Organizational Citizenship Behavior. Skripsi pada Fakultas Ekonomi Universitas Widya Dharma Klaten. Tidak Tersedia.

Kuswanto, Lindawati. 2015. Pengaruh Servant Leadership, Komitmen Organisasional, dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Studi pada Rumah Sakit Immanuel Bandung). Tesis pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Tidak Tersedia.

Mira, Wike Santa. 2012. Pengaruh Servant Leadership Terhadap Komitmen Organisasi dan Organizational Citizenship Behavior. Skripsi pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha. Tidak Tersedia.

Moorhead dan Griffin. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Puwandari, Lia Anggraeny. 2016. Pengaruh Servant Leadership dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Child Development Sponsor Program Compassion Indonesia Cluster DIY). Skripsi pada Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Tersedia,

Retmono, Adityawan Widi. 2015. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Melayani (Servant Leadership Style) dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan). Tesis pada Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro. Tidak Tersedia.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: penerbit Erlangga

Robbins,S.P dan Judge T.A. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RAD. Bandung: Alfabeta.

_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sugiyono

Terry, George. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakara: Penerbit Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.