PENGARUH REFERENCE GROUP DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Konsumen Minuman Isotonik Merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali)

Iman Nur Fadilah, Aini Kusniawati, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Reference Group dan Word of Mouth  Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Konsumen Minuman Isotonik Merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu meliputi: 1]. Bagaimana pengaruh reference group terhadap keputusan pembelian pada konsumen minuman isotonik merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali? 2]. Bagaimana pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian pada konsumen minuman isotonik merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali? 3] Bagaimana pengaruh reference group dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada konsumen minuman isotonik merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali?Metode yang digunakan adalah metode analisis survey melalui pendekatan kuantitatif. untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan metode deskriptif dan verifikatif yang terdiri dari Koefisien Korelasi Sederhana dan Berganda, Koefisein Determinasi, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), serta Koefisien Regresi Sederhana dan Berganda.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 1]. Reference group berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen minuman isotonik merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali. 2]. Word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen minuman isotonik merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali. 3]. Secara simultan reference group dan word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen minuman isotonik merek Pocari Sweat di Toserba Gunasalma Kawali.

Full Text:

PDF

References


Buchory, A dan Saladin, D. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya.

Fadhila, Risa. 2013. Analisis Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Layanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Skripsi pada Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo

Kape, Christina P. 2019. Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Samsung di Kota Kupang. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Kotler, P dan Keller, L. 2011. Manajemen Pemasaran (Edisi ke 4). Jakarta: Indeks

Kotler, P dan Keller, L. 2012. Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga

Lucky, P.D., Edy Y, dan Sunarti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Konsumen Charles & Keith di Tunjungan Plaza Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 34 No. 1 Mei 2016

Putri, B.R. Tanama. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana

Sari, Fanny Puspita & Yuniati, Tri. 2016. Pengaruh Harga Citra Merek dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 5, Nomor 6

Satrio, F.B. dan F. Nurtjahjani. 2018. Pengaruh Kelompok Acuan dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan O’Lala Proboloinggo. Jurnal Administrasi Niaga Vol. 3, No. 2

Setiadi, Nugroho. J. 2010. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sianturi, E., Erida, Ade T.N., 2012. Pengaruh kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan menggunakan blackberry. Jurnal Manajemen Vol 1, No 2 hal. 127-129

Suharno. 2010. Marketing in Practice (edisi pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu

Sumardy. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.