PENGARUH KEJENUHAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Suatu Studi Pada Pegawa Bagian Instalasi Gizi RSUD Kab. Ciamis)

yudi irawan, Elin Herlina, Marlina Nur Lestari

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Kejenuhan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Studi pada Pegawai Bagian Instalasi Gizi RSUD Kabupaten Ciamis). Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh kejenuhan kerja terhadap kinerja pegawai pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis? ; 2). Bagaimana pengaruh stres kerja terhadap kinerja pegawai pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis? ; 3). Bagaimana pengaruh kejenuhan kerja dan stres kerja terhadap kinerja pegawai pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh kejenuhan kerja terhadap kinerja pegawai pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis; 2). Pengaruh stres kerja terhadap kinerja pegawai pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis; 3). Pengaruh kejenuhan kerja dan stres kerja terhadap kinerja pegawai pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa kejenuhan kerja dan stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis dengan besarnya pengaruh 57,30% dan sisanya 42,70% dipengaruhi faktor lain. Diharapkan Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis dapat memperhatikan dan mengurangi kejenuhan kerja dan stres kerja sehingga akan meningkatkan kinerja pegawainya.

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. (2002). Keputusan Menkes RI No. 228/MENKES/SK/III/2002 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit yang Wajib Dilaksanakan Daerah.

Gaffar, Hulaifah. 2012. Pengaruh Stres Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Bank Mandiri Wilayah X Makassar. Penelitian Skripsi, Makassar.

Maharani, S. 2012. Kejenuhan Kerja. Jakarta: Kata Hati.

Mariyanti, Sulis. Citrawati, Anisah. (2011). Burnout pada pegawai. Jurnal Psikologi Volume 9 No 2. Jakarta : Fakultas Psikologi Esa Unggul;

Robbins, S. 2008. Stres Kerja Dan Kinerja, Jilid I dan II, alih Bahasa : Hadyana Pujaatmaja. Jakarta: Prenhallindo.

Siagian. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara;

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

____________. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.

______________, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

____________. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

____________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

___________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_____________. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

___________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sulistyorini, 2001. Hubungan antara Kejenuhan Kepala Sekolah dan Kinerja. Ilmu Pendidikan:

Suwatno & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta;

Yusniar Lubis, 2012, Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Iklim Organisasi terhadap Kepuasan dan Kinerja Pegawai. Trikonomika Volume 11, No. 2, Desember 2012, Hal. 212–228 ISSN 1411-514X


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.