PENGARUH UTILITY ATRIBUT DAN LOGO PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Dealer Bahana Motor Ciamis)

Nita Arniati, Apri Budianto, Wiwin Setianingsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pembelian konsumen terhadap produk Motor Yamaha yang masih belum sepenuhnya optimal. Adapun belum optimalnya keputusan pembelian konsumen diakibatkan oleh  belum optimalnya utiliy atribut motor Honda di mata konsumen serta belum optimalnya kesan atau komunikasi yang disampaikan melalui logo produk sehingga masih ada konsumen yan gbelum sepenuhnya mengetahui mengenai keunggulan-keunggulan serta kegunaan produk motor Yamaha. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh utility atribut terhadap keputusan pembelian pada Dealer Bahana Motor Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh logo produk terhadap keputusan pembelian pada Dealer Bahana Motor Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh utility atribut dan logo produk terhadap keputusan pembelian pada Dealer Bahana Motor Ciamis?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah konsumen dealer Bahana Motor Ciamis pada bulan  Januari–Desember 2019 yaitu sebanyak  1455 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.

Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Utility atribut pada Dealer Bahana Motor Ciamis adalah sudah baik karena telah sesuai dengan indikator-indikator dalam penelitian yang menunjukkan sudah baik. Begitu pula berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif utility atribut terhadap keputusan pembelian konsumen pada Dealer Bahana Motor Ciamis. Artinya apabila utility atribut suadah baik maka keputusan pembelian akan meningkat; 2) Logo produk Yamaha pada Dealer Bahana Motor Ciamis adalah sudah baik karena telah sesuai dengan indikator-indikator dalam penelitian ini yang menunjukkan sudah baik. Begitu pula berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif logo produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Dealer Bahana Motor Ciamis. Artinya apabila logo produk suadah baik maka keputusan pembelian akan meningkat; 3) Keputusan pembelian konsumen pada Dealer Bahana Motor Ciamis adalah tinggi. Begitu pula berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif utility atribut dan logo produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Dealer Bahana Motor Ciamis. Artinya apabila utility atribut dan logo produk sudah baik maka keputusan pembelian akan meningkat.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2012. Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Promosi. Bandung: Alfabeta.

Budianto, Apri. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Ombak.

_______. 2015. Manajemen Pemasaran, Edisi revisi Yogyakarta: Ombak.

Chairiza. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Andalas di Bandar Lampung. (Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Danesi, Marcel. 2011. Pesan, Tanda, dan Makna Teori Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Jakarta: Jalasutra.

Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Kertajaya, Hermawan. 2016. Tourism Marketing 3.0. Jakarta: PT Gramedia.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

_______. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Denny. 2010. Perancangan Logo Dan Maskot Untuk Mendukung Promosi Wisata Kuliner Malam Warung Tradisional Di Surabaya. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2010. Pemasaran, Edisi pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta. Sonny Santosa.

Rustan, Surianto. 2010. Huruf Font Tipografi. Jakarta : Gramedia. -. Pustaka Utama.

Saladin, Djaslim. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan,. Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Alfabeta.

Schein, Edgar H. 2010. Organizational Culture and Leadership. Jossey Bass,. San Francisco.

Simamora, Bilson. 2015. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. 2010. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.

Suwardikun, Didit Widiatmoko. 2010. “Persuasi Melalui Ilustrasi dalam Iklan Cetak”. ITB J. Vis. Art & Des., 3(2):129-136. Diakses pada 6 Maret 2017 (http://journals.itb.ac.id/index.php/jvad/article/view/737).

Syamsudin dan Damayanti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Swastha,Basu dan Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Persada.

Valentine, 2018. Merek &Psikologi Konsumen : Implikasi pada Strategi. Pemasaran, Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Winardi. 2010. Marketing dan Perilaku Konsumen, Bandung: Penerbit CV. Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.