PENERAPAN PRINSIP ETIKA DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR

Nur Nisa Nila Wardani S, Nurlinah Nurlinah, Suhardiman Syamsu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana etika pelayanan publik diterapkan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap lima informan yang dipilih secara proporsional. Penelitian ini juga menggunakan software Nvivo 12 Pro untuk menganalisis terkait hasil penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil Kota Makassar telah memenuhi standar yang diharapkan. Proses pendaftaran penduduk, penerbitan dokumen seperti KTP dan akta kelahiran, serta layanan lainnya umumnya berjalan efisien dan akurat, memenuhi kebutuhan administratif masyarakat. Standarisasi prosedur dan pemanfaatan teknologi informasi turut berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan. Namun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa area yang perlu ditingkatkan, seperti misalnya optimalisasi layanan online dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan pemahaman pegawai untuk meningkatkan pelayanannya terutama terkait etika terhadap masyarakat sebagai sasaran dalam pelayanan agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adeyemi, A. O. (2016). Ethical Values As Tools For Effective Service Delivery At The Local Government In Riga, Latvia And Vilnius, Lithuania. Šiaulių Universitetas.

Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia Dan Finlandia. Public Health, 27(6), 1–8.

Arifian, B. N., & Djasuli, M. (2024). Impementasi Asy-Syu’ara Dalam Good Village Governance Sebagai Upaya Pencegahan Kecurangan Pengelolaan Keuangan Desa. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(6), 3531–3546.

Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika Pelayanan Publik Di Indonesia. Journal Of Governance Innovation, 1(1), 59–76.

Chrismonita, V. N., Dewi, D. A. S., Suharso, S., & Budiharto, B. (2020). Efektivitas Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring (Studi Di Disdukcapil Kota Magelang Dalam Rangka Mewujudkan Good Governance). Borobudur Law Review, 2(2), 64–89.

Denhardt, R. B., & Denhardt, J. V. (2000). The New Public Service: Serving Rather Than Steering. Public Administration Review, 60(6), 549–559.

Dewi, R. C., & Suparno, S. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90.

Diani, R. O., & Manar, D. G. (2024). Analisis Pelayanan Online Sirancak Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang (Studi Tentang Keandalan, Ketanggapan, Dan Jaminan Layanan). Journal Of Politic And Government Studies, 13(3), 33–46.

Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan Good Governance Melayani Publik. Gadjah Mada University, Yogyakarta.

Farhanuddin, A. F., Setia, A. A. P., & Jauza, D. (2021). Penerapan Etika Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Good Governance. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 64–74.

Frederickson, H. G., & Ghere, R. K. (2014). Ethics In Public Management. Routledge.

Habibi, M. M., Iza, I. N., & Sukriono, D. (2022). Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Desa Tempursari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang. Jurnal Civic Hukum, 7(1).

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya. Gava Media.

Henriyani, E. (2021). Penguatan Etika Dan Integritas Aparatur Dalam Mencegah Penyakit Birokrasi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(3), 514–525.

Hilhorst, C., Behrens, C., Brouwer, E., & Sneller, L. (2022). Efficiency Gains In Public Service Delivery Through Information Technology In Municipalities. Government Information Quarterly, 39(4), 101724.

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Udayana University.

Maulani, G., Kom, S., Kom, M., Ika Fitria, S. A. P., Ansyah, R. H. A., Deni, H. A., MM, C. Q. M., Anwar, H. M., Dianni Arma Wahyu Setia Ningsih, M. K. M., & Rachmawati Novaria, M. M. (2024). Manajemen Pelayanan Publik. Cendikia Mulia Mandiri.

Maulida, M. (2020). Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian. Darussalam, 21(2).

Mortelmans, D. (2019). Analyzing Qualitative Data Using Nvivo. In The Palgrave Handbook Of Methods For Media Policy Research (Pp. 435–450). Springer International Publishing. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-030-16065-4_25

Nagel, P. J. A., & Cilliers, W. W. (1990). Customer Satisfaction: A Comprehensive Approach. International Journal Of Physical Distribution & Logistics Management, 20(6), 2–46.

Ngorang, P., & Hayati, Y. S. (2020). Etika Pelayanan Publik Sebuah Pengantar.

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-Angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., & Silalahi, M. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Rahman, K. (2018). Pelayanan Pemerintahan Yang Bertanggung Jawab. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 16(28), 34–42.

Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 11(2).

Sinaga, N. A. (2020). Kode Etik Sebagai Pedoman Pelaksanaan Profesi Hukum Yang Baik. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 10(2).

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.

Tiaji, F. (2019). Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik Oleh Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2).

Timbuleng, M., Johannes, R. A., Pangkey, I., & Mamonto, F. H. (2023). Analisis Etika Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 15(2), 208–221.

Wahyuni, T., & Permadi, R. N. (2018). Penguatan Kode Etik Organisasi Dalam Mewujudkan Netralitas ASN. Jurnal Administrasi Publik, 14(2), 151–162.

Wakhid, A. A. (2017). Reformasi Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 13(1), 53–59.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v12i1.18094

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin