IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEJAR PAKET C DI PKBM NEGERI 23 JAKARTA PUSAT

Nur Nabila Aulia, Muhamad Cholifihani, Deddy S. Bratakusumah, Siti Mariam

Sari


Tingginya jumlah anak putus sekolah merupakan masalah besar yang menghambat kemajuan negara. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan kebijakan program kejar paket C di PKBM Negeri 23 Jakarta Pusat, berdasarkan masalah tersebut. Fokus penelitian bukan mengevaluasi kebijakan secara keseluruhan; sebaliknya, ia berfokus pada cara kebijakan diterapkan di tingkat pelaksanaan. Selain itu, penelitian ini menemukan komponen yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan program. Empat faktor utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah komunikasi, sumber daya, disposisi pelaksana, dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan teori implementasi Edward III. Kualitatif dengan pendekatan deskriptif, observasi, dokumentasi, dan wawancara digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meskipun ada beberapa masalah dalam penyebaran informasi, komunikasi antara pemerintah, pengelola PKBM, dan siswa sangat baik. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku:

Haqiqi, A. (2022). Implementasi Program Paket C dalam Pendidikan Kesetaraan di Indonesia. Jakarta: Pustaka Pendidikan.

Hasviana, R. (2021). Pendidikan Kesetaraan dan Program Paket C: Peluang dan Tantangan. Bandung: CV. Media Edukasi.

Lidya, S. (2024). Peran Pendidikan Nonformal dalam Mengatasi Anak Putus Sekolah di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Nusantara.

Mulyati, D. (2022). Strategi Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam Meningkatkan Kesetaraan Pendidikan. Jakarta: PT. Cerdas Mandiri.

Noviani, R., et al. (2023). Analisis Kebijakan Pendidikan dalam RPJMN 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Oktaviani, L. (2023). Dinamika Pendidikan di Indonesia: Tantangan dan Peluang. Jakarta: Penerbit Ilmu Pendidikan.

Pangestu, R. (2021). Program Kesetaraan Paket C: Alternatif Pendidikan bagi Masyarakat. Malang: Pustaka Rakyat.

Rajaloa, T. (2023). Sistem Pendidikan Nasional dalam Perspektif Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Bandung: Pustaka Hukum.

Seputra, A. (2024). Implementasi Kebijakan Program Paket C di SPNF-SKB Kabupaten Buleleng. Denpasar: Universitas Bali Press.

Tawarika, N. (2024). Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Indonesia. Surabaya: Edupress.

Utaminingsih, S. (2021). Kesetaraan Pendidikan dan Akses bagi Kelompok Marginal di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Sosial.

Artikel Jurnal:

Lidya, R. (2024). Implementasi Program Kejar Paket C dalam Meningkatkan Angka Partisipasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 45-60.

Mulyati, S. (2022). Pendidikan Nonformal sebagai Solusi Kesetaraan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Alternatif, 8(2), 120-135.

Oktaviani, R. (2023). Peran Pendidikan dalam Pembangunan Sosial: Perspektif Global dan Nasional. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 200-215.

Rajaloa, H. (2023). Kebijakan Pendidikan dalam RPJMN 2020-2024: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Kebijakan Publik, 12(1), 75-90.

Seputra, D. (2024). Implementasi Kebijakan Program Kejar Paket C di SPNF-SKB Kabupaten Buleleng. Jurnal Studi Kebijakan Pendidikan, 14(1), 90-110. Utaminingsih,

T. (2021). Faktor Penghambat Partisipasi Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Sosial, 9(3), 150-165.

Referensi Metodologi:

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Denzin, N. K. (2012). Triangulation 2.0. Journal of Mixed Methods Research, 6(2), 80-88. Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice (4th ed.). SAGE Publications.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v12i1.18254

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin