IMPLEMENTASI NEW PUBLIC SERVICE (NPS) TERHADAP KUALITAS LAYANAN SAMSAT KELILING DI BALARAJA KABUPATEN TANGERANG

Fitria Firdiyani, Irvan Arif Kurniawan, Siti Ulfa N

Sari


Penelitian ini ditunjukkan untuk menganalisis pengaruh penerapan prinsip New Public Service (NPS) terhadap kualitas layanan SAMSAT Keliling di Kantor SAMSAT Balaraja. Tujuh prinsip New Public Service (NPS) yang menjadi indikator dalam penelitian ini yaitu: melayani warga negara, bukan customer; mengutamakan kepentingan publik; berfikir strategis, bertindak demokratis; menyadari akuntibilitas; melayani ketimbang mengarahkan; dan menghargai manusia yang menjadi acuan utama dalam menciptakan layanan publik yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Studi ini menerapkan metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan survei, dengan partisipasi 100 responden pengguna layanan SAMSAT Keliling.  Regresi linier sederhana digunakan sebagai teknik analisis data untuk menguji hubungan antara penerapan prinsip New Public Service (X) dengan kualitas layanan (Y). Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat hubungan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,4315 atau 43,15% mengindikasikan bahwa penerapan prinsip New Public Service (NPS) berpengaruh terhadap kualitas layanan SAMSAT Keliling sebesar 43,15%. Selanjutnya berdasarkan nilai koefisien variabel dengan nilai (Sig.) sebesar 0.000 < 0.05 maka hasil pengujian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, menandakan adanya pengaruh yang signifikan antara implementasi prinsip New Public Service (NPS) terhadap kualitas layanan SAMSAT Keliling di Kantor SAMSAT Balaraja dan masing-masing rata-rata presentase dari setiap variabel sebesar 80,39% dan 78.24%. Dengan kata lain, prinsip New Public Service (NPS) pada kualitas layanan SAMSAT Keliling telah terlaksana dengan sangat baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


antaranews.com. (2022). Realisasi penerimaan pajak PKB Samsat Balaraja capai 99 persen. https://banten.antaranews.com/berita/233491/realisasi-penerimaan-pajak-pkb-samsat balaraja-capai-99-persen

bapenda.bantenprov.go.id. (2020). SAMSAT BALARAJA. Bapenda.Bantenprov.Go.Id. https://bapenda.bantenprov.go.id/samsatbalaraja

Berry, L. L. et al. (2002). Understanding Service Convenience. Journal of Marketing, 66(3), 1 17.

Devaranti, S., Murodi, H. A., & Machrunnisa, M. (2023). Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) Di Uptd Kantor Samsat 15 Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa (JAPD)

Hasan, I. R. (2019). “Super Service Delivery”: An advanced conceptual model of one-stop service for wide administrative region. Problems and Perspectives in Management, 17(1), 189–201. https://doi.org/10.21511/ppm.17(1).2019.17

Indonesia, R. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Bphn.Go.Id, 2003(1), 3.

infomassa.com. (2023). Isu Pungli Di Samsat Balaraja Ditantang Tampakkan Bukti. https://infomassa.com/isu-pungli-di-samsat-balaraja-ditantang-tampakkan-bukti/

Meyriyanih, S. F., Sujana, N., & Utami, P. (2024). Penerapan Prinsip New Public Service (NPS) Dalam Pelayanan Pembuatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2), 819–828. https://doi.org/10.5281/zenodo.10499283.

Muhammad, Yusuf.,Ainin, Jariah., & Sabar (2020). Penerapan NPS dalam Pelayanan Penerbitan SKPD Kendaraan Bermotor Berbasis Online pada SAMSAT Kalimantan Tengah. 191-200. https://journal.unpacti.ac.id/JGLP/article/view/93

Ramdani, A. (2018). Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Samsat Keliling di Kota. Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 6(1), 23–30. https://doi.org/10.30656/sawala.v6i1.618

Sugiarto. (2016). New Public Service Dalam Penerbitan Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) Di Kota Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti. 4(1), 1–23.

Soselisa, H. C., & Puturuhu, D. (2021). Penerapan Prinsip New Publik Service dalam Pelayanan STNK pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 2(2), 315–330. https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v2.i2.p315-330

Ulfah, S. N., Kurniawan, I. A., & Firdiyani, F. (2025). Penerapan Prinsip-Prinsip New Public Service Studi Kasus : Layanan SAMSAT Keliling Balaraja. 06(01), 1–17. https://villages.pubmedia.id/index.php/villages/article/view/177




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v12i1.18408

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin