STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA BIDANG KEPARIWISATAAN DI PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI

Jesika Meina Dasman, M.Rijal Amirulloh, Rizki Hegia Sampurna

Sari


Palabuhanratu memiliki sejumlah lokasi wisata yang terbagi dalam beberapa kategori yaitu wisata alam, wisata air, wisata olah raga, dan wisata religi. Masyarakat setempat berperan untuk melindungi dan meningkatkan fungsinya. Untuk itu  diperlukan sumber daya manusia, hal tersebut  sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu pembangunan kepariwitasaan di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi dinas pariwisata dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada bidang kepariwisataan di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yang menggambarkan fenomena sebenarnya dari kejadian di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang terkait dengan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada bidang kepariwisataan tentunya telah berhasil dilaksanakan, melihat dampaknya meningkatnya sumber daya manusia yang mengikuti pendidikan dan pelatihan serta strategi tersebut menyebabkan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barus, N. R. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalama Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Nasabah Pada PT Bank BNI Syariah KC Medan. In Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Dispar.Bone.id. (2019). Jenis-jenis Tempat Wisata Berdasarkan Motif Wisatawan, Lokasi Tujuan, dan Perjalanan. https://dispar.bone.go.id/2019/02/18/jenis-jenis-tempat-wisata-berdasarkan-motif-wisatawan-lokasi-tujuan-dan-perjalanan/.

Glueck, W. F. & Lawrence, R. J (1988). Manajemen Strategis Dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan, M. S. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksar.

Holili. (2015). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Bagi Warga Ledok Gowok RW VI Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta. In Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Miles, M.B & Huberman A.M. (1984), Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjejep Rohindi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Wineka Media.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningsih. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Pelabuhan Indonesia 1 Persero Medan). In Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Nugroho, R. (2010). Perencanaan Strategis in Action. Jakarta: Gramedia.

Patton, Michael Quinn. 1987. Triangulasi. Dalam Moleong (Ed), Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Samsudin, S. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi. Bandung: Pt. Rafika Aditama.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Siagian, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwena, K. D. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Bali: Pustaka Larasan.

Kuncoro, M. (2006). Startegi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Wheelen, L. T. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.

Yoshida, D. T. (2004). Arsitektur Strategik. Jakarta: PT. Gramedia.

Yusuf, M. A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenamedia Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v7i3.4345

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin