PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU (Studi pada SMAN Se-Kota Banjar)

YENI SETIYAWATI

Abstract

Karya Ilmiah ini berjudul Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Pengawas terhadap Kinerja Mengajar Guru (Studi di SMAN se-Kota Banjar). Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan mempunyai posisi strategis maka setiap usaha peningkatan mutu pendidikan perlu memberikan perhatian besar kepada peningkatan guru baik dalam segi jumlah maupun mutunya. Guru sebagai tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan tujuan pendidikan, karena guru yang langsung bersinggungan dengan peserta didik, untuk memberikan bimbingan yang akan menghasilkan tamatan yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru.  2) Pengaruh supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar guru. 3) Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Unit analisis adalah guru dengan jumlah responden 55 orang dan pengolahan data statistik menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan manajerial di SMA Negeri Kota Banjar  pada umumnya berada pada kriteria mampu. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan kemampuan manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja mengajar guru. Artinya semakin tinggi kemampuan manajerial kepala sekolah maka semakin meningkat kinerja mengajar guru. 2) Supervisi akademik pengawas  di SMA Negeri Kota Banjar  pada umumnya berada pada kriteria mampu. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan supervisi akademik pengawas berpengaruh positif terhadap kinerja mengajar guru. Artinya semakin efektif supervisi akademik pengawas maka semakin meningkat kinerja mengajar guru. 3) Kinerja mengajar guru di SMA Negeri Kota Banjar  pada umumnya berada pada kriteria tinggi. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukkan kemampuan manajerial kepala sekolah dan supervisi akademik pengawas berpengaruh positif terhadap kinerja mengajar guru. Artinya semakin tinggi kemampuan manajerial kepala sekolah dan semakin efektif supervisi akademik pengawas maka semakin meningkat kinerja mengajar guru.Kata Kunci: Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Supervisi Akademik Pengawas, Kinerja Mengajar Guru

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Atmosudirdjo, 2001, Pedoman Penyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara

Bernadin and Rusell, 1992, Human Resources Management an Experiental Approach. Singapore: Mac Graw Hill. Book CO.

Dedi supriadi, 1998, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Dharma, Surya, 2011, Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya Edisi Revisi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djam’an Satori, 2008, Prestasi Kerja Guru, tersedia pada http://www.guruvalah.tk. (akses 15 Pebruari 2016)

George R.Terry and Rue, 2008, Principles of management. Eight Edition. AIBS, India.

Hasibuan, Malayu, 2007, Organisasi dan Motivasi, Jakarata: Bumi Aksara.

Mulyasa, E, 2005, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Bandung. PT.Rosdakarya.

Nawawi, Hadari, 2005, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Jakarta: Gunung Agung

Permadi, Dadi, 2001, Kepemimpinan Mandiri (Profesional) Kepala Sekolah. Bandung: PT Sarana Pancakarya.

Permendiknas No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Pengawas

Permendiknas No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pembelajaran

Riduan, 2007, Rumus dan Data Untuk Penelitian, Bandung Alfabeta.

Sagala, Syaiful, 2007, Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfa Beta.

Siagian. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Siswanto, Joko, 2011, Manajemen Tenaga Kerja, Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana dkk, 2001, Standar Mutu Pengawas Jakarta Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono, 2007, Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Bandung: Alfabeta

Suhardan, H .Dadang , 2006, Supervisi Bantuan Profesional,. Bandung. Mutiara Ilmu

Sutisna, Oteng, 1987, Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Bandung, Angkasa.

Tabrani Rusyan, 1989, Upaya Peningkatan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV.Dinamika Karya Cipta.

Umar, Husein, 2000, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003; Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta Depdiknas.

Uzer Usman. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjio. 2002, Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) di Sekolah. Tasikmalaya: Tim Sosialisasi Dewan Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Wijaya, Cece, dkk, 2006, Statistika Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.