EFEKTIVITAS KINERJA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis)

SULASTRI HERDIANI

Abstract

Karya penelitian ini adalah “Efektivitas Kinerja Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis)” Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. kinerja guru berbanding lurus dengan peningkatan mutu pendidikan termasuk didalamnya adalah prestasi belajar siswa. Sayangnya tidak sedikit para guru bekerja dibawah standar kerja yang telah ditetapkan bukan karena tidak mampu tetapi karena belum terbangun kinerja mengajar yang baik. Kondisi tersebut disebabkan oleh kurang maksimalnya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1). Kinerja mengajar guru ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 2). Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 3). Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan-hambatan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pembina siswa berprestasi dan guru SMK Negeri 1 Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kinerja mengajar guru ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ciamis sudah efektif. Hal ini dibuktikan dengan guru-guru telah mempersiapkan perencanaan pembelajaran sebelum tahun pelajaran dimulai melalui kegiatan IHT, melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian terhadap siswa secara maksimal. 2. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ciamis dalam membuat rencana pembelajaran hanyalah masalah teknis dalam mencetak administrasi. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah siswa kurang berminat mempelajari mata pelajaran umum karena mereka lebih tertarik pada mata pelajaran kejuruannya. Sehingga motivasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran umum cenderung kurang. Padahal sebagian pelajaran umum tersebut akan di Uji nasionalkan. 3). Upaya-upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ciamis adalah mengadakan IHT bagi para guru secara rutin, mengadakan supervisi kepada para guru minimal satu tahun sekali, guru-guru mengikuti magang dan pelatihan-pelatihan agar kinerja mengajar guru tetap terjaga dan maksimal. Ketika kinerja mangajar guru sudah maksimal atau efektif, maka siswa akan selalu termotivasi belajar dan prestasi belajar siswa akan maksimal.Kata Kunci: Efektivitas, Kinerja Mengajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Bernadin, H.J. and Russel,J.,E.A. 1993. Human Resource Management an Experiental Approach. Singapore: Mc. Graw Hill. Book CO.

Fathurrohman dan Sutikno. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Glasman, N.S. 1986. Evaluated-Based Leadership: School Administration in Contemporary Perspective. New York: State University of New York Press.

Hamalik. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanifah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

KBBI. 2000. Sistem Pendidikan Nasional.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murgatroyed, S. And Morgan, M. 1993. Total Quality Management and the School. Philadelphia: Open University Press.

Nurhayati. 2010. Bimbingan Keterampilan dan Kemandirian Belajar. Bandung: Batic Press.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ruky, A.S. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Saondi dan Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama

Satori. D dan Komariah.A. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, Agus. 2009. Efektivitas Kinerja Guru. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprihanto, J. 1996. Penilaian Kinerja Pengembangan Guru. Yogyakarta: BPFE.

Surya, M. 2004. Psikologi Pemeblajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisi.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Mendiknas Nomor 11 tahun 2005 beserta pnjelasannya. Bandung: Citra Utama.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Utama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.